Hukum & Kriminal

Siong Minyak “RD” di Seruwe, Dirkrimum Poldasu: Akan Kita Instruksikan Polres Belawan Menindaknya

BELAWAN, metro24Jam.news: Gudang dengan modus spanduk dor smeer yang terpampang di pintu gerbang, Jalan KL Yos Sudarso, tepatnya depan RS Baktiar Jafar masuk simpang Jalan Seruwe, Kecamatan Medan Labuhan, sepertinya kebal hukum.

Gudang milik berinisial RD diduga menjadi tempat penampungan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar ilegal dan minyak olahan dari Aceh Peurelak.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, warga resah mengingat kawasan tersebut padat pemukiman warga dan rawan kebakaran.

Modus operandi gudang itu terbilang halus dan mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak tertentu. Kejahatan ekonomi itu belum tersentuh aparat penegak hukum (APH) negara ini.

“Gudang ini dulu tempat minyak siong mobil tangki, sempat redup dan sekarang sudah ada juga minyak olahan dari minyak asal Aceh Perlak. Tapi belakangan aktif lagi namun pengusahanya berganti pakai nama Sulis,” kata warga sekitar yang enggan namanya disebutkan.

Diduga, minyak solar yang masuk ke gudang itu adalah hasil penggelapan peruntukan dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Pantau wartawan di lokasi, Senin (8/4/24), terlihat mobil tangki biru putih ukuran 8000 liter masuk ke dalam gudang untuk membongkar muatannya.

Untuk meringankan harga produksi, minyak itu dicampur dengan minyak solar asal Aceh atau hasil pengeboran minyak ilegal.

Setelah tercampur, minyak itu dijual kepada beberapa pengusaha kapal perikanan dan industri diberbagai daerah dengan harga diatas minyak bersubsidi dan dibawah minyak non bersubsidi.

“Kami resah dengan keberadaan gudang itu karena standart operasional pengamanan (SOP) gudang itu tidak sesuai. Itu sebabnya kami berharap gudang itu segera ditutup,” ujar pria berkaos hitam itu.

Lanjutnya, gudang itu rawan terhadap kebakaran terutama saat cuaca panas seperti sekarang ini.
Terpisah, ketika dikonfirmasi Dirkrimum Poldasu Kombes pol Sumaryono, mengatakan akan mengintruksikan polres pelabuhan Belawan menindaknya. “Terima kasih informasinya bang, akan kita instruksikan Polres Pelabuhan Belawan segera menindaknya,” tegasnya. (Faqih).

Related Articles

Back to top button