Hukum & Kriminal

Kades Kwala Langkat: IL Tersangka Kasus Pengrusakan Bangunan bukan Penjaga Hutan Mangrove

LANGKAT, metro24jam.news: Kepala Desa Kwala Langkat Mahyu Danil menjelaskan bahwa IL merupakan warga Desa Kwala Langkat, Kecamatan Tanjungpura yang tengah tersandung kasus hukum, memang dahulunya adalah seorang kepala dusun.

“IL merupakan mantan kadus yang sudah diberhentikan berdasarkan surat keputusan nomor: 141-14/SK/2024, tanggal 2 April 2024,” ujar Mahyu Danil, kepada sejumlah wartawan, Sabtu (11/5).

Tersangka Il yang saat ini masih ditahan di Polres Langkat terkait kasus pengrusakan bangunan di Dusun I Desa Kwala Langkat, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, ternyata bukan anggota ataupun penjaga hutan mangrove.

Memang dalam kurun waktu belakangan ini, nama IL disebut sebagai penjaga hutan mangrove, dan sebagai pejuang dari lahan yang ada di Desa Kwala Langkat. Namun, berdasarkan informasi dari Kepala Kecamatan Tanjung Pura dan Kepala Desa Kwala Langkat bahwa IL tidak termasuk dalam keanggotaan ataupun penjaga hutan mangrove.

”Dia itu hanya warga yang sudah lama tinggal di Desa Kwala Langkat, sebelumnya dia mempunya tambak, namun sekarang tidak beroperasi lagi, dikarenakan dampak Covid-19, lalu sebelum saya menjabat sebagai Kepala Desa, dia sudah menjabat sebagai Kepala Dusun, bukan sebagai penjaga hutan mangrove ataupun pejuang lahan,” ungkap Mahyu.

Diketahui dalam berperilakunya setiap hari sebagai Kadus mendapatkan penilaian kurang baik dari perangkat kecamatan maupun desa, itu sesusai dengan tindakan yang dilakukan oleh perangkat Kecamatan dan desa yang mengeluarkan surat berupa peringatan hingga surat keputusan.

“Saya perlu tekankan dan diketahui oleh masyarakat luas, bahwa IL bukanlah seorang aktivis ataupun masuk keanggotaan dari penjaga hutan mangrove, namun hanyalah seorang warga Desa Kwala Langkat yang lahir dan hidup di desa tersebut, lalu dipercayai sebagai kadus, namun pertanggal 2 April 2024 sudah diberhentikan sebagai kadus,” pungkas Kades.

Lebih lanjut Kades berharap permasalahan yang ada di desanya bisa cepat selesai, dan warga bisa hidup kembali normal tidak ada gangguan dari pihak manapun.

Sebelum diketahui telah terjadi pengrusakan bangunan yang dirusak oleh sekelompok orang di Dusun I Desa Kwala Langkat Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Kamis (21 Maret 2024), sekira pukul 15.00 WIB,

Dimana saat kejadian korban selaku pemilik sedang berada di kediamannya di Jalan KH. Wahid Hasyim Lingkungan IV dan menerima kabar dari saksi S melalui handphone bahwa bangunan yang berada di Dusun I Desa Kwala Langkat Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat dirusak orang. (Wahyudie)

Related Articles

Back to top button