Pasang Telinga

Kadis Dinas Sosial Provsu dan UPT Parawasa Berastagi Pulangkan 29 Warga Binaan

BERASTAGI, metro24jam.news: Hari ini, Kamis (3/5/24), Kadis Sosial Provsu dan UPT Parawasa Berastagi, Kabupaten Karo, memulangkan 29 wanita warga binaan ke rumahnya masing-masing dengan harapan tidak akan pernah kembali menjadi warga binaan.

“Di hari ini ada tiga kegiatan yang akan saya hadiri, tetapi saya memilih hadir di Parawasa ini. Karena ini adalah tanggungjawab saya. Saya malu dengan diri sendiri, apa bila saya mengabaikan untuk hadiri di sini. Untuk itu, saya minta kepada adik-adik agar dapat menjadi wanita bermanfaat dan berguna, baik bagi warga sekitar dan tuhan,” ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumut, Asren Nasution didampingi Kepala UPTD, Pelayanan Sosial Wanita Tuna Susila, dan Tuna Laras Berastagi, Susi Findiowaty.

Selama enam bulan berada di sini, tegas Asren Nasution, kalian sudah dibekali kegiatan baik itu berupa menjahit serta berkebun. Selanjutnya kalian, yang akan mengembangkannya setelah lepas dari sini. Apakah akan berdagang dengan cara berjualan makanan.

“Ingat ya, nama kalian saya catat dan tersimpan. Bila suatu saat panjang umur dan langkah redjeki saya akan berkunjung ke kampung kalian masing-masing. Mudah-mudahan kalian sudah menjadi wanita sesuai dengan doa kita hari ini, dapat membanggakan keluarga. Kita harus saling mendukung untuk berada di jalan Allah, dan sama-sama masuk surga,” tegas Asren Nasution.

Asren Nasution mengatakan, selain terus monitoring mantan warga binaannya, dirinya juga menyarankan agar mereka dapat bergabung dengan Kelompok Usaha Bersama (Kube), dimana bisa mereka menjadi anggota, dengan menyatakan diri kepada kepala desa tempat mereka tinggal.

Kepala UPTD Parawasa Berastagi, Susi Findiowaty mengatakan, sebanyak 165 warga binaannya, terdiri dari Wanita Tuna Susila, dan Tuna Laras. Untuk saat ini 29 warga binaan WTS akan dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Ada yang dijemput keluarga, dan ada yang akan kita antar langsung.

“Apa bila wanita binaan kita tidak di jemput pihak keluarga, akibat terkendala dengan situasi, pihak kita akan mengantar mereka langsung sampai ke rumah tujuannya masing – masing,” tegas Kepala UPTD Parawasa Berastagi, Susi Findiowaty.

Susi Findiowaty menegaskan, mereka yang terjaring razia berasal dari kabupaten/kota dan luar provinsi, seperti Provinsi Sumatera Barat, Kepri. Selanjutnya, berasal dari kabupaten/kota yang tersebar di Sumut, Seperti Tebing Tinggi, Deli Serdang, Labuhan Batu, Karo dan lainnya.

“Pihak kita meminta kepada adik-adik kita ini, untuk dapat lebih dewasa dalam menjalani kehidupan, yang bermanfaat untuk kehidupan lebih baik lagi. Selama dalam binaan, pengetahuan serta praktek, yang sudah dilakoni bisa dikembangkan setelah lepas dari Parawasa ini. Jadilah wanita yang soleha sesuai harapan semua insan manusia, dan terus berdoa kepada Allah,” pungkas Susi Findiowaty. (Dede Basyri Hasibuan).

 

Related Articles

Back to top button