Hukum & Kriminal

Seorang Pria Ngaku TNI Berpangkat Mayjend Gol di Polrestabes Medan

MEDAN, metro24jam.news: Seorang pria mengaku prajurit TNI ditangkap anggota Provost Kodam 1 BB dan diserahkan kepada Sat Reskrim Polrestabes Medan.

Awalnya, Senin (22/4), pulul 23.00 Wib, pria berinisial JM (Jarianto Jamin) berpangkat Mayjend itu, mendatangi Kodam I Bukit Barisan. Ia hendak menemui Kasdam untuk mengurus seseorang masuk menjadi calon Taruna Akmil dan calon Tamtama TNi-AD. Karena curiga, Kasdam memanggil provost untuk memeriksa identitas JM.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Teddy John Sahala Marbun SH MHum didampingi Kasi Humas Iptu Ade Nasti Nasution dan Kasat Reskrim Kompol Jama Kita Purba SH MH kepada wartawan di Mapolrestabes Medan, Jumat (26/4) mengatakan, tersangka Jarianto mengganti status pekerjaannya di KTP dari wiraswasta menjadi TNI.

Cara tersangka merubah status identitas pekerjaan tersebut dengan menscan dan mengedit status pekerjaannya. Kemudian tersangka menggunakan kartu identitas penduduk yang sudah diedit dan dirubah oleh tersangka membuat SIM A di Satlantas Polresta Pekanbaru.

Dari pelakum, Sat Reskrim Polrestabes Medan menyita barang bukti: 1 lembar KTP atas nama Jarianto Jamin, 1 lembar SIM A, 1 lembar kartu tema relawan kemenangan tanpa pamrih Prabowo Subianto Presidenku 2024 – 2029 wilayah Sumatera Utara, 1 formulir pendaftaran calon Tamtama PK TNI AD tahun 2024 dan 1 unit ponsel android berwarna merah hitam.
“Tersangka melanggar Pasal 263 Ayat (1) dan (2) KUHPidana dengan ancaman penjara selama 6 tahun,” jelas Kombes Teddy sembari mengatakan kasus ini akan dilimpahkan ke Polresta Pekanbaru, sebab identitas pelaku dibuat di kota Pekanbaru. (Wan Ogap)

 

Related Articles

Back to top button