Ekonomi

Polemik Pass Pelabuhan Belawan Pelindo Regional 1, Humas: Itu Bukan Tarif Parkir

BELAWAN, metro24jam.news: Humas PT Pelindo Regional 1 Belawan, Sabtia menegaskan pass masuk yang diberlakukan kepada setiap pengendara roda dua dan empat, bukanlah biaya parkir di Pelabuhan Belawan.

“Pelabuhan merupakan area terbatas yang hanya diperuntukkan bagi penumpang yang akan berlayar menggunakan moda transportasi kapal laut, maupun kegiatan bongkar muat barang. Sehingga, tidak semua orang bisa masuk ke pelabuhan. Artinya, hanya mereka yang memiliki kepentingan di pelabuhan yang bisa masuk, sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Sabtia, Jumat (26/4/24).

Menurut dia, tarif pass masuk Pelabuhan Belawan diberlakukan sejak tahun 2013, fungsinya untuk pendeteksian orang keluar masuk pelabuhan yang merupakan bagian dari implementasi terhadap kode keamanan tnternasional terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan (The International Ship and Port Facility Security Code-ISPS Code)

“Dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan jaminan keamanan, kenyamanan dalam melakukan kegiatan bisnis di kawasan Pelabuhan Belawan dan juga jaminan keselamatan bagi pekerja maupun lingkungan kerja,” lanjutnya.

“Untuk masuk di kawasan Pelabuhan Belawan wajib memiliki tanda masuk (Pas) dengan menerapkan prosedur izin masuk berdasarkan ID Code sesuai Port Facility Security Plan (PFSP) yang dikeluarkan oleh Pelindo atas rekomendasi regulator,” lanjutnya lagi.

“Adapun pas harian untuk orang, per orang sekali masuk telah ditetapkan tarif sebesar Rp5.000,-, sedangkan Pas bulanan pekerja di pelabuhan per orang per bulan (khusus untuk ke halaman) Rp.50.000, dan Pas tahunan pekerja di pelabuhan per orang per tahun untuk ke halaman Rp.400.000, untuk ke dermaga Rp.500.000, dan untuk ke kapal Rp.600.000,” uraianya.

“Untuk Pas kendaraan harian per kendaraan berikut pengemudi dan kenek sekali masuk Rp.15.000, untuk trailler/truk/truk gandeng/bus/sedan/minibus/pick up dan sejenisnya. Untuk sepeda motor/becak dan sejenisnya Rp.10.000, pas harian per kendaraan berikut pengemudi,” tambahnya.

Tarif-tarif tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Direksi Pelindo yang telah ditetapkan berdasarkan kebutuhan biaya dan lainnya yang telah berlaku sudah hampir 11 tahun. Saat ini belum ada peraturan baru terkait tarif pas masuk pelabuhan, hanya cara pembayarannya yang berbeda, dahulu menggunakan uang tunai, sekarang dengan menggunakan uang elektronik.

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 1 Belawan terus berupaya meningkatkan layanan di Pelabuhan Belawan dan mewujudkan pelabuhan bersih tanpa korupsi, sekaligus membangun integritas kepelabuhanan dengan terus memperbaiki dan memperkuat proses bisnis, membantu memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat, serta memajukan perekonomian masyarakat secara keseluruhan. (Faqih)

 

Related Articles

Back to top button