Kesehatan

Pengaruh Media Mendorong Layanan HKSR

LANGKAT, metro24jam.news: Aliansi Sumut Bersatu (ASB) mengelar workshop peningkatan kapasitas layanan hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR) bagi jurnalis muda Medan-Langkat, berlangsung disalah satu hotel di Kota Medan, Kamis (25/4).

Adapun tujuan yang hendak dicapai dari work shop HKSR bagi jurnalis muda antara lain, meningkatkan pemahaman jurnalistik muda untuk pemenuhan HKSR itu sendiri, mendorong jurnalis muda dalam memberitakan informasi terkait HKSR yang akurat dan ramah gender serta memperkuat kapasitas jurnalis muda dalam menginformasikan isu HKSR bagi remaja.

Seperti diketahui Aliansi Sumut Bersatu terus aktif dari Tahun 2015 fokus melakukan penanganan kasus kekerasan yang dialami perempuan dan anak baik pemulihan mental,psikologis korban serta penyediaan rumah aman bagi para anak yang membutuhkannya.

Nara sumber pada giat workshop salah satunya diisi oleh Ferry Wina Padang, juga menjabat Direktur Aliansi Sumut Bersatu menjelaskan, Isu HKSR sebagai komponen hak dasar sangat penting dipahami masyarakat, untuk memerangi bahkan menghapus rasa tabu dalam membicarakan HKSR cendrung dikaitkan dengan pandangan negatif.

Diinterpretasikan norma dan nilai yang keliru pendidikan HKSR dapat mendukung remaja dalam memperbaiki kualitas dan pemberdayaan diri sendiri sangat minim, remaja yang faham akan kebutuhan dan pemenuhan ini akan lebih mudah memahami cara merawat diri sebagaimana menyikapi perubahan yang terjadi pada tubuh masing masing.

Lebih lanjut dijelaskanya program RHRN (Right here right now) merupakan program nasional sejak 2022 yang dilaksanakan di tiga Kabupaten, Kabupaten Langkat (Provinsi Sumatera Utara) Kabupaten Jombang (Provinsi Jawa Timur) dan Kabupaten Indra mayu (Provinsi Jawa Barat). Sedangkan wilayah intervensi program di wilayah Kabupaten Langkat berada di kecamatan Stabat, Desa Panti Gemi, Kelurahan Sido Mulyo dan Kwala Bingei.

“Upaya pemenuhan hak kesehatan seksual dan reproduksi bagi remaja yang dilaksanakan Aliansi Sumut Bersatu di Kabupaten Langkat dapat menjadi mitra kunci yang menjangkau masyarakat luas, dan dengan pemberitaan HKSR yang berprespektif pada gender sehingga informasi tidak dari sudut pandang yang timpang dan berat sebelah yang membuat kelompok rentan dan minoritas semakin disudutkan,” beber Wina.

Dalam merespon situasi ini, sambung Wina Aliansi Sumut Bersatu bersama koalisi program RHRN 2 (Right here right now 2) yang fokus terhadap isu hak kesehatan seksual dan reproduksi dan keadilan gender, menyelenggarakan “Workshop Peningkatan Kapasitas Layanan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) untuk jurnalis muda di Medan Langkat,” guna mendorong pemenuhan dan penyebarluasan informasi hak kesehatan seksual dan reproduksi terhadap remaja.

Pihaknya juga menghadirkan dua narasumber lainnya yakni J. Anto dari Analisa dengan materi “Peran Media Mempengaruhi Advokasi Hak Warga Negara”. Dan Agustina Siregar S.Sos. Msi, selaku Kepala Sub Bidang bina keluarga balita,anak dan ketahanan keluarga lansia BKKBN Pemprov SU dengan materi “Realita HKSR di Indonesia Sebagai Bagian Pemenuhan Hak Kesehatan Bagi Remaja”.

Giat workshop berlangsung sukses dengan penuh antusias oleh para peserta dan narasumber diwarnai dengan sesi tanya jawab interaktif serta diskusi terkait peningkatan kapasitas layanan hak kesehatan seksual dan reproduksi. (Wahyudie)

 

Related Articles

Back to top button