Pasang Telinga

Bibit Wortel di Karo Langka, Bupati Sarankan Petani Kelola Bibit Sendiri

KABANJAHE, metro24jam.news: Bupati Kabupaten Karo, Cory Sriwaty Sebayang meninjau langsung ke ladang wortel, yang menggunakan bibit dari luar Kabupaten Karo, tepatnya di Desa Rumah Kabanjahe, Kecamatan Kabanjahe, Sabtu (20/4/24).

Bersama dengan Kadis Pertanian Kabupaten Karo, Metehsa Karokaro, Cory Sriwaty meninjau wortel milik Musa Purba, yang menggunakan bibit wortel yang dari luar Kabupaten Karo.

Kepada Bupati Karo dan Kadis Pertanian Karo, Musa Purba mengeluhkan bibit wortel di tempat dia tinggal, sehingga dirinya membeli bibit wortel dari luar Karo.

Bupati Karo menghimbau agar para petani wortel dapat membuat bibit wortel sendiri, guna mengatasi permasalah yang dirasakan mereka.

“Petani harus memilih bibit wortel yang jelas asal usulnya jelas, dan jangan tergiur dengan harga yang lebih murah dari pasaran, dan tidak terpengaruh dengan kelangkaan bibit lokal. Agar nantinya petani wortel bisa mendapat keuntungan yang lebih besar. Kabupaten Karo memiliki bibit wortel Varietas Gundaling, yang sudah tersertifikasi dengan hasil produksi, yang memiliki banyak keunggulan, mulai dari warna sampai dengan ukuran wortel ketika dipanen,” pungkasnya. (Dede Basyri Hasibuan)

 

 

Related Articles

Back to top button