Pemilu

Mantan Ketua DPRD dan Tengku Amek Daftar Balon Cabup ke Partai Golkar

DELI SERDANG, metro24jam.news: Tiga Bakal Calon (Balon) Bupati Deli Serdang telah mengambil formulir pendaftaran ke kantor DPD Partai Golkar Deli Serdang Jalan Karya Jasa Lubuk Pakam.

Mereka adalah mantan Ketua DPRD Deli Serdang dari Partai Golkar Riki Prandana Nasution, anggota DPRD Deli Serdang Tengku Ahmad Tala’a yang akrab disapa Tengku Amek serta Sofyan Nasution pernah tercatat sebagai Ketua DPD Perindo Deli Serdang.

Hal ini dikatakan Ketua Tim Penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang DPD Partai Golkar Deli Serdang, Dharma Syahputra Purba, Kamis (18/5/24).

“Sejak dibuka penjaringan tanggal 9 April lalu, sudah ada tiga nama Balon yang mengambil formulir ke Partai Golkar. Ketiganya Sofyan Nasution, Riki Prandana Nasution dan T Ahmad Tala’a,” ujar Dede Purba – begitu Dharma Syahputra Purba biasa disapa ketika dikonfirmasi.

Disebutkan Dede Purba, yang mengambil formulir ke kantor DPD bukan ketiga orang tersebut melainkan utusannya. Dirincikan, Sofyan Nasution mengambil formulir Selasa, 16 April sedangkan Riki Prandana Nasution dan T Ahmad Tala’a mengambil keesokan harinya, Rabu (17/4/24)

“Pertama Sofyan Nasution, kemudian Riki dan Amek (sapaan akrab T Ahmad Tala’a). Semua utusannya yang datang. Utusan Riki dan Amek sama orangnya. Staf Sekretariat DPRD, Eki yang datang ke sini kemarin,” tambah Dharma Syahputra Purba.

Dede Purba mengaku sedikit kecewa atas kondisi yang terjadi. Ia menganggap mengapa sebelumnya Riki dan Amek tidak ada berkomunikasi langsung lebih dulu kepadanya.

Kehadiran mereka secara langsung tentu akan membuat lebih mudah memberi penjelasan terkait pendaftaran Calon ini.

Punbegitu, belum diketahui pasti apakah ketiga orang yang sudah mengambil formulir memang punya keseriusan untuk menjadi Calon Bupati atau hanya sekedar ingin kelihatan agar namanya masih tetap tampak di perpolitikan Deli Serdang.

Ditambahkan Dede Purba, sebelum penjaringan dibuka sudah ada tiga nama yang sudah sempat mendapatkan surat tugas dan masuk dalam bursa Calon Bupati Deli Serdang. Ketiganya Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan, Ketua DPD Partai Golkar Deli Serdang, Hamdani Syahputra dan juga T Ahmad Tala’a.

“Meski sudah mendapat surat tugas, namun mereka harus tetap mendaftar apabila ingin mencalonkan diri,” bilang Dede Purba.

Berdasarkan catatan mistar.id, Sofyan Nasution pernah berstatus Balon Bupati Deli Serdang. Ia pernah mencoba maju dari jalur perseorangan hanya saja belum memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai Calon oleh KPU. Sofyan pernah tercatat sebagai Ketua DPD Perindo Deli Serdang.

Riki Prandana merupakan kader Partai Golkar. Ia merupakan mantan Ketua DPRD Deli Serdang periode 2014-2019. Tercatat pernah dua periode duduk sebagai anggota dewan. Dirinya sempat bertarung di Pemilu Legislatif tahun 2019 pada tingkat Provinsi, namun suaranya masih kalah dengan Calon Petahana, Wagirin Arman kala itu.

Sementara T Ahmad Tala’a saat ini sebagai Wakil Ketua DPRD Deli Serdang. Tengku Amek juga berstatus sebagai Kader Partai Golkar. Pada Pemilu 2024 ini Ahmad Tala’a gagal terpilih di Dapil Deli Serdang 1 meliputi Kecamatan Lubuk Pakam, Beringin, Pagar Merbau, Galang dan Kecamatan Pantai Labu. (kembaren)

Related Articles

Back to top button