Pasang Telinga

KTP-El Remaja 17 Tahun di Deli Serdang akan Dicetak Sampai Hari H Pemilu

DELI SERDANG, metro24jam.news: Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menyerahkan 57 keping KTP Elektronik kepada siswa SMA Negeri 1 Bangun Purba.

Hal itu dilakukan Bupati saat dirinya menjadi pembina upacara kenaikan bendera di sekolah tersebut, Senin (5/2/24).

“Penyerahan KTP Elektronik ini untuk menunjang dan mendukung percepatan pemenuhan hak penduduk guna memperoleh dokumen kependudukan serta mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Deli Serdang,” jelas Bupati

Lanjut Bupati, penyerahan KTP Elektronik tersebut merupakan Program Inovasi Pelayanan

“Dukcapil Go To School” yang melakukan perekaman KTP-el ke SMA, SMK, Madrasah Aliyah, baik negeri maupun swasta. Setelah perekaman, selanjutnya menyerahkan KTP Elektronik yang sudah dicetak kepada siswa yang sudah berusia 17 tahun,”bilang Bupati Deli Serdang ke 14 itu.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Deli Serdang, H Misran Sihaloho menjelaskan selain penyerahan 57 keping KTP Elektronik kepada siswa SMA Negeri 1 Bangun Purba, juga dilakukan penyerahan KTP Elektronik untuk 22 sekolah, dengan total penyerahan sebanyak 1.087 keping KTP Elektronik, khususnya untuk KTP Elektronik pemula.

“Sebelumnya juga, kita (Dukcapil) telah menyerahkan KTP Elektronik untuk 14 sekolah sebanyak 618 keping. Hari ini di Kantor Dinas Dukcapil Deli Serdang akan menyerahkan KTP Elektronik untuk delapan sekolah sebanyak 412 keping. Total yang diserahkan sebanyak 1.087 dari 22 sekolah,” rinci Kadis Dukcapil.

Untuk Januari 2024 ini, lanjut Kadis Dukcapil, pihaknya terus melakukan perekaman di berbagai sekolah sampai satu hari sebelum 14 Februari 2024.

“In Sya Allah untuk semua yang direkam dan sudah berusia 17 tahun akan dicetak KTP-nya. Bahkan, bagi mereka yang tepat berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024 dan sudah direkam, kami akan mencetaknya pada tanggal itu juga, pagi hari sampai pukul 12.00 WIB di Kantor Disdukcapil Deli Serdang di Lubuk Pakam. Dengan harapan, mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada saat itu,” papar Kadis Dukcapil.

Menurut data, sebut Kadis Dukcapil, ada 147 orang yang genap berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024 dan di hari itu pulalah bisa dicetak KTP Elektroniknya.

Perekaman KTP Elekteronik di Deli Sedang dari Wajib KTP Elektronik sebanyak 1.480.352 jiwa, masih kata Kadisdukcapil, sudah mencapai 98,68 persen. Capaian tersebut merupakan yang tertinggi untuk seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Teguh Setyabudi yang telah memenuhi kebutuhan KTP Elektronik untuk penduduk di Kabupaten Deli Serdang,” ucap Kadis Dukcapil.

Turut hadir saat penyerahan KTP Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan), Christina Helen Siagian, Camat Bangun Purba, Raden Mewah Ristanto beserta unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika); kepala desa se-Kecamatan Bangun Purba.(hendra sembiring)

 

Related Articles

Back to top button