Buka Mata

Mentan Berikan Bantuan Dukung Pembangunan Pertanian, Bobby Nasution: Pacu Semangat Petani Berproduksi

MEDAN, metro24jam.news: Bantuan yang diberikan Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk para petani di Provinsi Sumatera Utara, termasuk Kota Medan diharapkan dapat mendukung aktivitas dan memacu semangat petani untuk berproduksi. Dengan demikian akan berdampak terhadap pembangunan pertanian di wilayahnya bahkan Sumut secara keseluruhan.

Harapan ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam acara Pembinaan Penyuluh Pertanian dan Petani Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Benteng Medan, Senin (5/2). Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman hadir langsung dalam kesempatan tersebut.

“Kehadiran Pak Mentan di Kota Medan menjadi penyemangat tersendiri bagi masyarakat, khususnya petani di Kota Medan dan sekitarnya. Ini sebagai pengobat awal bagi kami,” kata Bobby Nasution disambut suara riuh dari sekitar 20.000-an petani di Sumatera Utara.

Dalam kesempatan itu, Mentan juga menyerahkan bantuan untuk mendukung pembangunan pertanian di Provinsi Sumut dengan total bantuan mencapai lebih dari Rp. 534 Milyar. Adapun bantuan yang dimaksud meliputi bantuan benih padi dan jagung, penumbuhan UMKM Hortikultura, Irigasi Pertanian, Jalan Pertanian hingga Peremajaan Tanaman Kelapa dan Karet, Perluasan Kopi Arabika dan bantuan pertanian lainnya.

Sementara itu, Mentan menyebut pertanian merupakan sektor strategis di Sumatera Utara. Dikatakannya, pertanian merupakan potensi luar biasa dan sangat strategis. Sebab, posisi Sumut dekat dengan Singapura dan Malaysia, sehingga wilayah Sumut memiliki kesempatan besar untuk memenuhi pangan negara lain.

“Oleh karena itu, kita akan melakukan akselerasi tanam, kita berikan bantuan, benih gratis, bibit gratis, alat mesin pertanian gratis, kemudian ada tambahan volume pupuk. Kenapa Sumatera ini strategis, karena dekat dengan Singapura dan Malaysia, bila perlu kita gantikan posisi Thailand atau Vietnam, dan negara lain untuk menyuplai pangan ke Singapura dan Malaysia,” bilang Mentan. (rel/gan)

Related Articles

Back to top button