Wisata

Kemensos Beri Seperangkat Alat Musik Tradisional Jawa di Kecamatan Beringin

*Dukung seni budaya, usaha ekonomi produktif dan melestarikan budaya

DELI SERDANG, metro24jam.news: Kementerian Sosial RI memberikan bantuan berupa seperangkat alat musik tradisional Jawa kepada Paguyuban Sedulur Sejati di Dusun III Desa Pasar VI Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial yang telah memberikan seperangkat alat musik tradisional Jawa kepada Paguyuban Sedulur Sejati, baru-baru ini,” ujar pimpinan Paguyuban Sedulur Sejati, Dedi Kurniawan, Selasa (30/1/23).

Menurut dia, pemberian bantuan tersebut dalam rangka mendukung seni budaya, usaha ekonomi produktif dan melestarikan budaya khususnya Jawa serta memberdayakan kearifan lokal.

Bantuan alat musik tradisional ini, lanjut Dedi, sangat bermanfaat. Karena dalam waktu dekat ini akan membuka usaha kuliner.

“Tentunya dengan alat musik ini bisa menghibur pengunjung dan akan dimainkan oleh para pemuda desa sebagai upaya melestarikan budaya khususnya Jawa. Selain memberi wadah positif para pemuda untuk menjauhi penyakit masyarakat seperti narkoba, begal, curanmor dan lainnya,” terang Dedi.

Usaha kuliner dimaksud Dedi berada di Dusun III Desa Pasar VI Kualanamu dan para pedagangnya merupakan warga sekitar. “Sehingga bisa memberdayakan warga desa khususnya ibu-ibu agar mempunyai usaha sampingan yang muaranya untuk membantu perekonomian keluarganya,” beber Dedi Kurniawan.

Jadi pada kesempatan ini, lanjut Desi, sekali lagi diucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial yang telah memberikan seperangkat alat musik tradisional dan akan dipergunakan sebaik-baiknya. (hendra sembiring)

 

Related Articles

Back to top button