Berdikari

Di Probolinggo, Atikoh Sorot Formalitas Perusahaan Terima Difabel

PROBOLINGGO – Istri calon presiden Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, bicara terkait isu kesetaraan bagi penyandang disabilitas Probolinggo Jawa Timur (Jatim). Ia mengatakan, penyandang disabilitas harus mendapatkan hak yang sama dalam pendidikan dan pekerjaan.
Advertisements

Hal itu disampaikan Atikoh dalam acara Talk Show dengan tema ‘Peran Perempuan Dalam Pendidikan Anak dan Masa Depan Bangsa’ di Akas Garage, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (25/1/2024). Atikoh membeberkan beberapa masalah yang kerap ia temui pada teman-teman difabel.

“Banyak teman-teman yang memiliki anggota keluarga difabel itu agak sulit untuk mengakses pendidikan. Pendidikan yang setara. Kemudian yang kedua dari sisi pekerjaan. Masih sedikit sekali, sekitar 5 persen dari teman-teman difabel itu yang bisa diterima di perusahaan atau instansi,” kata Atikoh di Akas Garage, Probolinggo, Jawa Timur.

Atikoh mengklaim, teman-teman difabel yang bekerja di perusahaan itu pun belum tentu mendapatkan hak yang sama.

“Secara UU itu 2 persen ya tapi yang sudah diusahakan 5 persen. Tapi riilnya tidak seperti itu. Dan ketika sudah bekerja pun itu tidak dipekerjakan setara. Semacam untuk formalitas bahwa perusahaan sudah menerima teman-teman difabel,” imbuhnya.

Atikoh mengatakan, meski dalam keterbatasan, para penyandang disabilitas harus tetap mendapatkan akses yang sama. Termasuk di antaranya persiapan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Teman-teman difabel itu memiliki hak yang sama terkait akses pendidikan. Di program Ganjar-Mahfud itu ada satu keluarga satu sarjana. Dan apabila teman-teman difabel memiliki kapasitas untuk mengakses pendidikan di perguruan tinggi ini pasti akan terbuka. Sehingga dibutuhkan sekali energi kemudian semangat dari teman-teman agar kita setara dalam pendidikan,” pungkasnya. (sumber: detikom)

 

Related Articles

Back to top button