Pemilu

Simulasi Pencoblosan di KPU Deli Serdang Gunakan Aplikasi Sirekap

DELI SERDANG, metro24jam.news: Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Deli Serdang kembali menggelar simulasi pencoblosan yang dilakukan oleh pemilih di TPS.

Simulasi pencoblosan di lakukan di halaman Kantor KPU Deli Serdang Jalan Karya Jasa, Desa Tanjung Garbus I, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (24/1/24).

Simulasi dilakukan warga pemilih TPS 12 Desa Tanjung Garbus I Kecamatan Lubuk Pakam dengan jumlah pemilih sebanyak 191 orang.

Ketua KPU Deli Serdang, Syahrial Effendi mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai pemantapan proses penyelenggaraan pemilihan yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Pemantapan saja ini sebelum penyelenggaraan. Simulasi pemungutan suara dan menggunakan aplikasi sirekap ini adalah bagian dari upaya kami untuk memaksimalkan seluruh proses khususnya nanti pada hari H untuk perhitungan dan penggunaan aplikasi sirekap agar lebih mantap. Ini menjadi sebuah tantangan besar bagi penyelenggara karena kepadatan seluruh tahapan,” ujar Syahrial Effendy.

Syahrial menjelaskan pada saat ini KPU juga sedang melaksanakan bimbingan teknis untuk penggunaan aplikasi sirekap. Nantinya juga akan disosialisasikan kepada petugas KPPS yang akan dilantik pada Kamis, (25/1/24).

“Kami berharap juga kepada semua teman-teman di kecamatan maupun desa serta kelurahan untuk bisa memaksimalkan dan bantu memberikan pemahaman kepada KPPS kita nanti yang besok akan dilantik,” katanya.

Simulasi pencoblosan menampilkan bagaimana calon pemilih awalnya melakukan registrasi pendaftaran dengan membawa undangan sebagai pemilih.

Selanjutnya memasukkan surat suara ke kotak suara caleg DPRD Deli Serdang, Kotak Suara DPRD Sumut, Kotak Suara DPR RI, Kotak Suara Presiden serta kotak suara Anggota DPD RI.

Simulasi berlangsung mulai pukul 07.00 wib hingga pukul 13.00 wib dan dilanjutkan dengan penghitungan surat suara oleh KPPS disaksikan para saksi masing masing caleg partai Politik.

Turut hadir menyaksikan simulasi Asisten I Pemkab Deli Serdang Citra Effendi Capah, Perwakilan Polresta Deli Serdang, Polrestabes Medan, Polres Belawan, Bawaslu, serta perwakilan partai politik. (hendra sembiring)

 

Related Articles

Back to top button