Ekonomi

Kenduri Giling PG Kwala Madu, Mendukung Swasembada Gula Nasional

LANGKAT, metro24jam.news: Pabrik Gula Kwala Madu, sebagai satu dari dua pabrik gula yang berdiri di Sumatera Utara, memulai musim giling tebu 2024, Selasa (16/1/24).

Pabrik yang kini dikelola PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) untuk Tahun 2024 akan menggiling sekitar 407 ribu ton tebu produksi perkebunan Regional 1 Supporting Co PTPN 1 (eks PTPN 2) yang tersebar di Kabupaten Deli Serdang dan Langkat.

Hal ini dikatakan SEVP OP SGN, Dimas Eko Prasetyo dalam kata sambutannya, Selasa (16/1/24).

“Kita menghadapi tugas yang cukup berat menyusul keluarnya Perpres Tahun 2023 tentang swasembada gula. SGN dipacu untuk mampu meningkatkan produksi, sehingga target swasembada gula Tahun 2030 bisa dicapai,”ujar Dimas Eko Prasetyo.

Karena itu, sambung Dimas Eko Prasetyo, pihaknya mendorong untuk menghasilkan tebu yang lebih baik. Sehingga mampu menghasilkan gula yang lebih baik untuk kebutuhan masyarakat.

“Mudah-mudahan target giling 400 ribu ton dengan rendemen 6,5 persen bisa dicapai. Kalau bisa lebih, akan lebih baik,” harap Dimas Eko Prasetyo.

Sementara Region Head Regional 1 Supporting Co PTPN 1, Didik Prasetyo berjanji akan terus berupaya memberikan hasil tebu terbaik untuk diolah di PG Kwala Madu.

“Kami akan terus memperbaiki kwalitas tebu. Sehingga hasilnya akan membawa manfaat, tidak hanya bagi perusahaan tetapi juga masyarakat luas,” jelas Didik Prasetyo.

Sedangkan SEVP OP Holding PTPN, Putu Sukarmen menuturkan sebagai pabrik pertama yang memulai giling tebu di lingkungan PTPN grup, Kwala Madu menjadi pioner. Ditargetkan dalam lima bulan ke depan mampu menghasilkan pendapatan antara Rp 400 sampai Rp 500 Miliar.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pelemparan tebu manten ke dalam mesin penggiling sebagai tanda dimulai giling perdana tebu Tahun 2024 di pabrik gula Kwala Madu.

Acara simbolis diawali oleh SEVP OP SGN, Region Head Regional 1 Supporting Co PTPN 1, SEVP OP Holding, GM DTT Gampil Dwi Susanto, GM Kwala Madu dan sejumlah Manejer, kabag dan unsur undangan yang hadir di halaman Pabrik Gula Kwala Madu, Langkat.(hendra sembiring )

 

 

Related Articles

Back to top button