Pasang Telinga

Wakil Ketua DPRD Sumut Masuk Bursa Calon Wali Kota Medan 2024

MEDAN, metro24jam.news: Meski Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan baru akan digelar 27 November 2024 mendatang, namun sejumlah partai politik mulai mempersiapkan nama dan tokoh untuk didukung dan diusung merebut kursi orang nomor satu di Kota Medan.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Partai NasDem, Salman Ginting, misalnya, menyampaikan pihaknya saat ini sudah mulai melirik dan mempersiapkan sejumlah nama yang telah mencuat di kalangan masyarakat Kota Medan.

“Partai NasDem saat ini memiliki banyak kader dan tokoh internal yang mumpuni untuk didukung dan diusung di Pilkada Kota Medan 2024,” katanya.

Namun, lanjut Salman Ginting, NasDem akan fokus dan mengutamakan memajukan kader sendiri sebagai calon Walikota Medan.

“Itu kebijakan yang akan kami ambil di Pilkada Medan 2024,” ujar Ginting di Medan, Rabu (3/1/24).

Salman menyebutkan sejumlah nama kader Partai NasDem dinilai layak dan berpotensi untuk diusung di Pilkada Kota Medan 2024.

Diantaranya Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani, mantan Walikota Medan ke 15 Rahudman Harahap hingga Ketua DPD Partai NasDem Kota Medan, Afif Abdillah.

“Rahmansyah Sibarani merupakan kader potensial NasDem, yang bisa saja dicalonkan pada Pilkada Medan nanti. Begitu juga nama Rahudman Harahap dan Afif Abdillah,” tambah Salman Ginting.

Terkait pemilihan Gubsu, Salman Ginting juga menyampaikan bahwa Partai NasDem telah memutuskan untuk mengusung kadernya maju sebagai Calon Gubsu.

“Jika ada kader kita sendiri yang layak dan berpotensi, kenapa tidak. Bisa saja Rahmansyah Sibarani yang saat ini sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, kita usung menjadi Calon Wakil Gubernur,” tambah Salman Ginting.

Selain itu, lanjut Salman, ada kader NasDem lainnya yang berpotensi untuk menduduki kursi Gubsu. Diantaranya Bakhtiar Ahmad Sibarani mantan Bupati Tapanuli Tengah yang saat ini juga menduduki kepengurusan di DPP NasDem dan juru bicara Capres dan Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Di tempat yang sama di salah satu kafe di Medan, Ketua Bappilu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumut, Prof DR Adi Mansar Lubis mengakui pihaknya juga mulai melirik sejumlah nama potensial untuk didukung dan diusung di Pilkada Kota Medan.

“PKB selain menyaring kadernya sendiri, kita juga mengikuti perkembangan tokoh dan kader partai lain yang berpotensi. Apalagi kader partai lain yang sudah dan saat ini berkoalisi di Pemilu, seperti Partai NasDem dan PKS,” ucap Adi Mansar.

Jadi, lanjutnya, jika misalnya ada kader partai lain yang saat ini berkoalisi di Pilpres, maka bisa kemungkinan tokoh tersebut yang akan diusung.

“Misalnya ada nama Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani yang juga merupakan sosok muda, begitu juga Rahudman Harahap, Afif Abdillah hingga kader PKB sendiri yakni Hamdan Simbolon,” tuturnya.

Meski demikian Adi Mansar berharap sosok yang akan maju di Pilkada Medan 2024 kombinasi dari laki-laki dan perempuan.

“Sebab berdasarkan data, jumlah perempuan di Kota Medan sangat besar jumlahnya. Begitu juga anak muda, saat ini jumlah sangat besar,” tuturnya.

“Insya Allah Pilkada 2024 ini Walikota Medan dari pasangan hasil koalisi PKB, Partai NasDem dan PKS,” katanya. (hendra sembiring)

 

Related Articles

Back to top button