Olahraga

Asri Tambunan Pimpin KONI Deli Serdang Periode 2023-2027

DELI SERDANG, metro24jam.news: Asri Ludin Tambunan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Deli Serdang periode 2023-2027 pada Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) di Convention Wing Hotel Jalan Arteri Bandara Kualanamu, pada Jumat (29/12/23).

Penetapan itu setelah pimpinan sidang tetap yang dipimpin Ketua M Ridwan, anggota M Yahya Nasution dan Tareq Adel membacakan hasil Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua KONI. Dimana sejak pendaftaran dibuka mulai tanggal 11-16 Desember 2023 hanya 1 bakal calon (balon) yang mendaftar yakni Asri Ludin Tambunan hingga ditetapkan menjadi calon ketua.

“Usai proses yang kita lalui, maka kami pimpinan sidang menetapkan Asri Ludin Tambunan sebagai Ketua KONI Kabupaten Deli Serdang masa bakti 2023-2027,” tutur Iwan seraya mengetok palu dan disambut tepuk tangan seluruh 44 cabang olahraga (cabor).

Sementara Asri mengatakan, ini merupakan ujian untuk meningkat prestasi olahraga di Deli Serdang. Menurutnya, ujian ini harus dapat dibuktikan dengan hasil yang sangat manis.

“Meski Musorkab sudah selesai, tapi ini merupakan awal kebangkitan KONI Deli Serdang. Kalau selama ini pada Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu), Deli Serdang menduduki ranking kedua, tapi tahun 2026 kita harus menjadi juara I,” kata Asri dalam sambutannya.

Musorkab dibuka Bupati Deli Serdang, M Ali Yusuf Siregar diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Citra Efendi Capah, dihadiri Ketua KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis beserta sejumlah pengurus, unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para ketua serta sekretaris cabor.

“Semoga melalui Musorkab ini, akan menghasilkan ketua dan pengurus yang akan melahirkan berbagai rumusan kebijakan dan program. Ini nantinya bisa dijadikan dasar pijakan untuk melaksanakan pembinaan olahraga guna meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Deli Serdang,” pesan Capah.

Sebagaimana diketahui, tambah Capah, KONI memiliki tugas untuk merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan, serta peningkatan prestasi atlet dan pelatih guna mewujudkan prestasi yang gemilang.

Karenanya, sebagai mitra pemerintah, keberadaan KONI diharapkan bisa terus bersinergi dan berperan aktif membangun dan memajukan olahraga di Kabupaten Deli Serdang, dalam menciptakan atlet-atlet berprestasi dengan segala potensi yang dimiliki.

Sebelumnya Jhon Ismadi dalam sambutannya menyinggung tentang rencana pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Dikatakan, pada PON nanti, pelaksanaan pertandingan cabbor lebih banyak di Deli Serdang.

“Maka dari itu, mohon antara Pemkab Deli Serdang dan KONI bisa dirajut. Bisa bekerja sama dengan tujuan sesuai Undang-Undang (UU) sistem keolahragaan nasional. KONI itu adalah mitra pemerintah yang tugasnya melakukan pembinaan olahraga berprestasi,” paparnya. (hendra sembiring)

 

Related Articles

Back to top button