Hukum & Kriminal

Beli Mobil di Aplikasi Online, Warga Medan Rugi Ratusan Juta Rupiah

MEDAN, metro24jam.news: Penipuan dengan modus jual-beli mobil marak terjadi di kota Medan. Salah satunya terungkap di Jalan Harapan Pasti, Komplek Berlian Resident, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai.

Modusnya pelaku terang-terang ‘mencaplok’ iklan di OLX. Ia mengaku sebagai agen merangkap pemilik mobil. Akibatnya, warga (calon) pembeli mobil, rugi ratusan juta rupiah. Kasus ini telah dilaporkan oleh korban, PR warga Medan, ke Polsek Medan Area.

“Sudah kita laporkan ke Polsek Medan Area,” ujar PR kepada wartawan, Jumat (22/12) kemarin. Laporannya tertuang dengan Nomor: LP/918/XII/2023/Polsek Medan Area/Polrestabes Medan, tanggal 11 Desember 2023, jam 17.44 Wib.

Awalnya PR diminta oleh orangtuanya melihat mobil di iklan OLX yang beralamat di Jalan Harapan Pasti, tepatnya Komplek Berlian Resident, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai.
Kemudian korban (PR) tertarik dengan satu mobil yang diiklan dengan harga Rp117 juta. Selanjutnya, PR disarankan untuk memastikan kondisinya.

“Kami datang ke rumah tersebut. Mobil itu, menurut pemilik rumah atas nama keluarganya (suaminya),” terang korban.

Lalu, korban bertanya dalam transaksi siapa yang akan menerima uangnya. Tak berapa lama, terdengar telepon seorang laki-laki mengaku atas nama Putra. Putra ini, terang korban mengaku agen mobil atau perwakilan dari pemilik mobil.

Korban pun kembali memastikan kepada siapa uang akan dikirim. Lagi-lagi pemilik mobil meminta uang tersebut dikirimkan ke pria bernama Putra dengan angka yang tertera di iklan.

Usai transaksi, sambil menunjukan bukti pengiriman uang, tiba-tiba ibu yang mengaku pemilik mobil tidak bersedia menyerahkan mobilnya.

Curiga, sebelumnya menyerahkan uang, korban mewanti-wanti penyerahan uang pembelian mobil tersebut. Namun, ibu pemilik mobil menerangkan dan mengaku Putra tersebut adalah kerabatnya.

Anehnya, begitu uang telah dikirimkan ke Putra, ibu tersebut keberatan menyerahkan kendaraan roda empat dengan alasan uang pembelian belum diterima dari Putra. Kesal, korban pun meminta agar menghubungi pria tersebut, namun telepon langsung tidak aktif.

Tak terima, hari itu juga korban lalu melaporkan ke Polsek Medan Area setelah mengalami kerugian Rp117 juta.

Dibukti laporan, korban melaporkan dugaan tindak pidana penipuan yang terjadi dengan TKP Jalan Harapan Pasti Komplek Berlian Resident Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai.

Kanit Reskrim Polsek Medan Area Iptu Harles Gultom, mengatakan dari laporan korban pihaknya telah memeriksa saksi. Saksi yang diperiksa masih sebatas wawancara terhadap
kasus yang dilaporkan. “Laporannya baru saya terima dan kita telah wawancara saksi,” terang Iptu Harles Gultom, Jumat (22/12).

Sumber mengungkapkan, pihak kepolisian telah mendatangi lokasi pengiriman uang termasuk pihak bank. Hasilnya terbongkar nomor rekening atas nama Putra dengan alamat Jalan Karya Gang Wonosobo, Lingkungan 1, Kelurahan Sei Agul.

Menurut pihak bank, uang yang disetorkan ke rekening tersebut ternyata sudah kosong alias dipindah ke rekening lain. (zal/js)

Related Articles

Back to top button