Pemilu

KPU Langkat Gelar Rakor Pembentukan KPPS

LANGKAT, metro24jam.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat laksanakan rapat kordinasi persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di aula salah satu resto di Stabat Kabupaten Langkat, Senin (11/12). Kegiatan tersebut diikuti oleh stake holder.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Langkat Magfirah Fitri Menjerang menjelaskan, giat rapat kerja (rakor) yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait regulasi atau aturan yang akan digunakan dalam pelaksanaan perekrutan KPPS.

Seperti kita ketahui bersama perekrutan tenaga KPPS, dimulai pada hari ini (11s/d 20 Desember 2023) dan KPPS akan ditetapkan pada 25 Januari 2024 mendatang.

Lebih jauh Fitri menjelaskan, KPPS Pemilu memiliki peran yang penting dalam memastikan transparansi dan integritas seluruh proses pemilihan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Anggota KPPS dalam 1 TPS Pemilu 2024 mendatang yaitu sebanyak 7 orang, yang berasal dari anggota masyarakat di sekitar TPS. Dan apabila jumlah anggota yang mendaftar tidak sampai dengan 7 orang maka tokoh masyarakat dapat menunjuk orang atau warga sekitar untuk menjadi anggota KPPS.

Pembentukannya diinisiasi oleh PPS paling lambat 14 hari sebelum pelaksanaan Pemilu dan dibubarkan paling lambat 1 bulan setelah Pemilu.

Adapun tugas dan fungsi dari KPPS tersebut antara lain, Mengumumkan daftar Pemilih tetap di tempat pemungutan suara (TPS). Menyerahkan daftar Pemilih tetap kepada saksi peserta Pemilu yang hadir dan Pengawas TPS dan dalam hal peserta Pemilu tidak memiliki saksi, daftar pemilih tetap diserahkan kepada peserta Pemilu dan melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Fitri juga berharap seluruh stake holder dan masyarakat luas dapat terus mengawal dan menjaga proses dari tahapan Pemilu agar terciptanya demokrasi yang damai dan aman, “mari kita dukung pelaksanaan pemilu, Pemilu Merupakan Sarana Integarsi Bangsa”, pungkas Fitri.

Dalam rapat kordinasi pembentukan KPPS tersebut hadir sebagai nara sumber dari Dinas Kesehatan Dan Satpol PP Kabupaten Langkat. (wahyudi)

Related Articles

Back to top button