Pasang Telinga

UDA dan APP Darma Agung Wisuda 1.153 Mahasiswa

MEDAN – Universitas Darma Agung (UDA) dan Akademi Pariwisata Perhotelan (APP) Darma Agung menggelar prosesi wisuda bersama di Pardede Hall, Jalan DR TD Pardede Medan, Sabtu (9/12/23).

Sebanyak 1.153, wisudawan terdiri dari Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya ikut ambil bagian dalam kegiatan yang di buka Ketua Senat Universitas Darma Agung Gomgom TP Siregar.

Ketua Yayasan Perguruan Darma Agung, Partahi Siregar dalam kata sambutan tertulisnya mengatakan, kegiatan ini merupakan momen bersejarah. Sebanyak 1.118 lulusan dari 22 program studi Universitas Darma Agung dan 35 lulusan dari APP Darma Agung siap melangkah ke tahap baru dalam hidup mereka.

“Untuk itu, ucapan selamat yang tulus saya sampaikan kepada para wisudawan wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi di Universitas Darma Agung dan APP Darma Agung ini. Prestasi bukan hanya milik ananda sendiri, tetapi juga merupakan kebanggaan bagi almamater, keluarga, dan seluruh stakeholder yang telah turut serta dalam perjalanan pendidikan ini,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada orang tua, wali, suami atau istri dan keluarga wisudawan yang hadir pada prosesi tersebut.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Partahi kepada seluruh dosen dan tenaga pendidik yang telah memberikan dedikasi dan ilmu kepada generasi penerus. Menurutnya, dosen dan para pendidik adalah garda terdepan dalam mencetak sumber daya manusia unggul.

Menimpali hal tersebut, Rektor UDA Muhammad Ansori Lubis menyampaikan bahwa para alumni merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga besar Universitas Darma Agung.

“Saya, selaku Rektor, merasa bangga dan bersyukur atas pencapaian yang telah diraih oleh para alumni saat ini. Pada hari ini 8 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana, menghasilkan lulusan sebanyak 960 orang Strata 1 dan 1 orang Diploma III serta, program Pascasarjana sejumlah 157 orang Magister,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rektor juga memperkenalkan 14 orang lulusan terbaik atau berprestasi, 1 wisudawan tingkat Universitas dan 8 wisudawan tingkat Fakultas serta 5 orang wisudawan tingkat Magister sehingga ditetapkan sebagai wisudawan terbaik pada wisuda Tahun 2023.

Anshori juga mengucapkan terima kasih kepada kepada Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah I, Prof Saiful Anwar Matondang yang turut hadir dalam wisuda tersebut.

Direktur APP Darma Agung Ivan Benedict Tambunan yang turut menyampaikan kata sambutan mengatakan, wisuda menandakan dua peristiwa penting dalam kehidupan para wisudawan. Di satu sisi, peristiwa penting ini adalah akhir dari perjuangan saudara di kampus, dan di sisi lain paling tidak untuk sebagian besar wisudawan merupakan awal memasuki perjuangan baru di tengah-tengah masyarakat atau menciptakan lapangan kerja di masyarakat.

Pada kesempatan ini, lanjut Ivan, pihaknya juga melantik Dr Andi Wete Polili MHum sebagai alumni prodi usaha perjalanan wisata dan juga Rikki Hamdan Saragih yang tidak dapat hadir karena sedang menjalani program culture exchange (pertukaran budaya) di Miami, Amerika Serikat dan merupakan suatu kebanggaan yang mengharumkan nama Darma Agung.

“Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung satu – satunya yang lulus (terpilih) di Sumatera Utara tahun 2023 dalam program J1 Visa Amerika,” ujarnya bangga.

Sementara Kepala LL.DIKTI Wilayah I, Prof Saiful Anwar Matondang berharap ke depan UDA bisa menjadi kampus yang unggul. Setelah saat ini dinilai sudah menjadi yang terbaik.

“Apalagi UDA baru melahirkan satu lagi guru besar yang terhitung cepat yakni Prof Elisabeth Sitepu. Ini merupakan kebanggaan. Selain itu, satu lagi dari UDA juga sudah tercatat sebagai Lektor Kepala yakni Dr Anshori. Ke depan diharapkan UDA terus meningkatkan jumlah Lektor dan Lektor Kepala,” sebutnya. (hendra sembiring)

 

 

Related Articles

Back to top button