Pasang Telinga

PWI Kota Binjai Laksanakan Diklat Jurnalistik di SMK Putra Anda

Milyh Effendy S.PD: Sangat bagus karena memberikan edukasi

BINJAI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai melaksanakan Diklat Jurnalistik di SMK Putra Anda Binjai, Kamis (30/11). Materinya, “Peran Media Terhadap Tindakan Pencegahan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan (TPPK) dan Sekolah Bersih Narkoba.

Kepala Sekolah SMK Putra Anda Binjai Milyh Effendy S.PD mengatakan Diklat itu sangat bagus karena memberikan edukasi, informasi, yang mendidik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PWI Kota Binjai yang sudah mau mengenalkan peran media dalam menyampaikan dan memberikan berita ke publik yang pada saat ini dalam era digital,” kata Milyh.

Kata Milyh, Kementerian Pendidikan menyampaikan bahwa setiap satuan pendidikan wajib mengadakan pencegahan penanganan kekerasan dan sekolah bersih narkoba.

“Ini adalah salah satu tujuan yang harus kita laksanakan di semua satuan pendidikan maka kita juga yang disebut dengan PPPK di penanganan pencegahan kekerasan artinya para anak menjadi satu kesatuan yang memang harus diketahui termasuk juga peran orang tua karena dalam pencegahan penanganan pencegahan kekerasan ini juga sudah terlibat komite itu adalah perwakilan dari orang tua dan termasuk anggotanya juga ada yang terlibat dalam ekskul,” lanjutnya.

“Peranan media ini luar biasa di sini luar biasanya peranan media itu sangat penting terhadap menunjang keberhasilan sehingga kekerasan yang ada di seluruh Indonesia kita tauh dari media. Inilah pentingnya media itu terhadap perkembangan-perkembangan dan situasional yang ada di negara kesatuan Republik Indonesia,” tutur Milyh lagi.

Milyh megharapkan kepada para pelaja yang menjadi peserta dalam Diklat bisa sebagai pioneer, sebagai motor penggerak untuk menyebarkan kebaikan-kebaikan informasi kepada teman-teman yang lain. Mudah-mudahan apa nanti yang diberikan oleh PWI Kota Binjai menjadi gambaran yang baik.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Binjai Arma Delisa Budi mengatakan saat ini peran media dalam memberikan informasi dan menyajikan berita kepada public harus lebih mengutamakan kode etik jurnalistik.

“Bagi para pelajar yang saat ini sudah dapat memperoleh informasi sendiri dengan cara teknologi atau HP tidak juga harus sembarangan menerima informasi yang mana bentuk berita atau kabar “burung” yang kebenarannya belum dapat dipastikan. Maka PWI Binjai dalam hal ini ikut masuk dalam program pemerintah pendidikan yang harus mengenal mana karya jurnalistik atau karya hoax,” kata Arma Delisa Budi.

Sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut: Arma Delisa Budi (Realitas), M Zainal Abidin Tanjung (MNC TV Group), Hendra Mulya (On-line) Syahzara Solihin (Metro24jam.news).

Kegiatan diakhiri dengan pemberian cendramata dari SMK Putra Anda Binjai dan foto bersama dengan para pelajar peserta Diklat. (solihin)

Related Articles

Back to top button