Pasang Telinga

Razia Truk Over Load, Kadishub Langkat: Kita Terus Melakukan Razia Rutin

LANGKAT – Dinas Perhubungan Kabupaten Langkat kontiniu akan melakukan razia terhadap truck yang melebihi kapasitas Over Dimension Over Loading (Odol).

Penegasan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Langkat Arie Ramadhany SIP M SP, Selasa (28/11). “Razia rutin akan kita lakukan, tanpa terkecuali dan tebang pilih, hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi seluruh ruas jalan yang ada di Kabupaten Langkat, dugaan kuat Truk Over Load yang menyebabkan jalan rusak,” tegasnya.

Banyaknya ruas jalan protokol, jalan provinsi dan jalan nasional yang rusak diduga akibat truck ODOL (Over Dimension Over Loading) ataupun yang melebihi kapasitas melintasi jalan tersebut.

Rusaknya beberapa ruas jalan berdampak negatif bagi pengguna jalan, membahayakan dan sering mengakibatkan kecelakaan bagi pengendara sepeda motor di Kabupaten Langkat.

Sebelumnya pada Senin (27/11) lalu, sambung Arie, Dinas Perhubungan Kabupaten Langkat telah melakukan razia resmi menggunakan plang bersama aparat Sat Lantas Polres Langkat di sekitar Terminal Kecamatan Selesai.

Dari operasi yang di gelar kemarin, terdapat 14 pelanggar yang terjaring razia gabungan. Para pelanggar tersebut memang membawa surat-surat kendaraan lengkap, hanya saja beberapa surat terutama buku KIR rata-rata mati dan Over Load.

“Bagi pelanggar yang memodifikasi bak muatan truk nantinya KIR akan ditahan. Selanjutnya kami wajibkan para pelanggar untuk melaksanakan uji KIR atau melakukan standarisasi kembali, para pengemudi truk ODOL tersebut bisa menyesuaikan kembali kendaraannya. Mulai dari bentuk dan jenis kendaraannya sesuai dengan aturan,” pungkas Arie.

Terpisah, Rudy Hartono Ketua Harian LSM Penjara Kabupaten Langkat meminta agar Dinas Perhubungan Kabupaten Langkat juga melakukan razia Rutin di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Batang Serangan, Kecamatan Padang Tualang dan Kecamatan Sawit Seberang.

Rudy juga menambahkan, bahwa kondisi beberapa ruas jalan di tiga kecamatan tersebut sangat memperhatinkan dan sangat membahayakan pengendara.

Ia juga meminta agar Dinas Perhubungan Kabupaten Langkat mengaktifkan kembali portal pembatas. “Akses jalan dari pasar 6 menuju kantor camat Sawit Seberang, Sidodadi kearah Desa Tanjung Putus, kemudian pasar perbelanjaan Kelurahan Batang Serangan yang belum lama diaspal sudah rusak kembali,” pungkasnya. (wahyudie)

 

Related Articles

Back to top button