Beranda Wisata Lestarikan Budaya dan Jauhi Hal Negatif, Agus Widodo Ajak Siswi SMP dan...

Lestarikan Budaya dan Jauhi Hal Negatif, Agus Widodo Ajak Siswi SMP dan SMA Gabung Sanggar Tari

258
0
Anak didik di sanggar tari Siswo Langgeng Budoyo. (ist)

DELI SERDANG, metro24jam.news- Sejumlah siswa SMP dan SMA bergabung di Sanggar Siswo Langgeng Budoyo yang berada di Dusun Bina Karya, Desa Pasar V Kebun Kelapa, Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Sanggar tari besutan Agus Widodo ini, ruitn melakukan latihanĀ  kepada anak didiknya dan merupakan sanggar tari berbagai daerah dan sudah mendapat pengesahan (terdaftar) di
Dinas Kebudayaan Parawisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Deli Serdang.

Menurut Agus Widodo, sanggar yang dipimpinnya sudah sejak lama berkiprah di bidang seni budaya dan sudah banyak mengisi acara pertunjukan baik perseorangan atau pagelaran seni yang diadakan pemerintah daerah maupun pemerintahan desa serta komunitas budaya.

“Sanggar ini sudah lama berdiri lama dan sudah mendapat pengesahan dari Kemenkumham RI serta dari Dinas Disbudparpora Deli Serdang,” jelas Agus Widodo, pimpinan Sanggar Siswo Langgeng Budoyo, Jumat (1/9/23).

Setiap minggunya, lanjut Agus, mereka terus berlatih tari-tarian.
“Bertujuan untuk mengasah kemampuan anak-anak sekaligus melestarikan budaya tari-tarian beberapa daerah. Anak-anak yang ikut di sanggar ini rata-rata remaja putri dan putra SMP dan SLTA,” tambah Agus Widodo.

Selain itu, kegiatan di sanggar tari itu juga untuk menjauhi dari kenakalan remaja ke arah yang lebih positif.

“Sanggar kami ini sudah beberapa kali mengikuti pertunjukan baik tingkat desa maupun di kabupaten serta acara hajatan masyarakat,” sambung Agus.

Karenanya, Agus bersama anak didiknya terus berlatih agar lebih baik dan lebih mahir di bidang seni tari maupun kesenian jaran kepang.(hendra sembiring)