Olahraga

Porkot Medan Ditutup,  Bobby Nasution Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan Sungai

MEDAN, metro24jam.news– Sungai di kota Medan dapat melahirkan atlet arung jeram profesional yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Demikian dikatakan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menutup Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan ke XIII Tahun 2023 Cabang Olahraga (Cabor) Arung Jeram di taman PLN Jalan Sudirman Medan, Kecamatan Medan Baru, Rabu (23/8).

“Selain sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan atlet agar siap menghadapi PON 2024, saya berharap melalui kegiatan ini para atlet arung jeram dapat mengajak masyarakat menjaga lingkungan sungai,” kata Bobby Nasution.

Walaupun saat ini masih 12 kecamatan yang mengirimkan atlet untuk mengikuti cabor arung jeram ini, Bobby Nasution berharap ke depannya 21 kecamatan dapat mengirimkan atletnya.

“Saya mendorong agar seluruh kecamatan yang ada di kota Medan mengirimkan atletnya,” harapnya.

Di hadapan Ketua KONI Kota Medan Eddy Sibarani, pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan serta para atlet arung jeram, ia menyampaikan, Taman Cadika yang selama ini juga menjadi tempat latihan arung jeram oleh Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Medan akan direvitalisasi.

“Jadi untuk sementara, semua aktivitas olahraga yang ada di Taman Cadika selama ini akan dipindahkan sementara. Jika tetap mau latihan di sini silahkan, tapi tetap jaga kebersihan sungai agar dapat terus dimanfaatkan,” ungkapnya.

Di kesempatan tersebut, orang nomor satu di Pemko Medan ini juga mendengarkan keinginan dari para pemenang yang meminta diberikan peralatan lengkap arung jeram dan pendidikan di masa depan.

Mendengar permintaan tersebut, Bobby Nasution langsung mengamininya. Selain memberikan perlengkapan lengkap untuk arung jeram, juga beasiswa kepada 2 atlet pemenang peraih medali emas untuk jenjang pendidikan S1 di Kota Medan maupun luar ibukota Provinsi Sumatera Utara

“Pemko Medan membuka beasiswa jenjang S1 bukan hanya berprestasi di bidang akademik tetapi juga non akademik seperti seni budaya maupun olahraga yang mengharumkan nama Kota Medan, Provinsi Sumut bahkan Indonesia,” jelasnya disambut tepukan yang meriah dari para peserta

Sebelumnya, Ketua FAJI Kota Medan Muhammad Azhim Bakrie menyampaikan, pertandingan Porkot Cabor Arung Jeram mempertandingkan 3 kategori yang berlangsung selama dua hari mulai 22-23 September 2023.

“Di Pekan Olahraga Kota (Porkot) ke XIII 2023 ini diikuti sebanyak 12 kecamatan di Kota Medan, yang terbagi atlet putra dan putri,” papar Azhim Karim.

Adapun pemenang Porkot Medan Cabor Arung Jerang kategori Pemenang Sprint Putra yakni Kecamatan Medan Johor (juara I), Medan Amplas (Juara II) dan Medan Belawan (juara III). Sedangkan Kategori Sprint Putri yakni Medan Belawan (juara I), Medan Tuntungan (juara II) dan Medan Amplas (juara III).

Untuk Kategori Head to Head Putra yakni Medan Johor (juara I), Medan Tuntungan (juara II) dan Medan Baru 2 (juara III). Lalu, Kategori Head to Head Putri yakni Medan Tuntungan (juara I), Medan Amplas (juara II) dan Medan Belawan (juara III).

Selanjutnya, Kategori Slalom Putra yakni Medan Amplas (juara I), Medan Baru 1 (juara II) dan Medan Johor (juara III). Terakhir, Kategori Slalom Putri yakni Medan Johor (juara I), Medan Tuntungan (juara II) dan Medan Belawan (juara III). (rel/gan)

Related Articles

Back to top button