Pasang Telinga

Launching Kampung Moderasi Beragama Diharapkan Bantu Kembangkan Toleransi di Kota Binjai

BINJAI, metro24jam.news- Wali Kota Binjai, Drs. H. Amir Hamzah, MAP., menghadiri acara “Launching Kampung Moderasi Beragama di Kota Binjai” yang diadakan di Aula Pemerintah Kota Binjai, Rabu (26/07). Dalam acara tersebut, disampaikan tentang pentingnya memahami dan menerapkan moderasi beragama di masyarakat.

Dalam arahannya, Wali Kota Binjai menyebut, Indonesia sebagai bangsa besar terdiri dari beragam suku, agama, bahasa, dan adat istiadat. Demikian pula dengan Kota Binjai, kota multikultural dengan masyarakat yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, termasuk perbedaan agama. Jika perbedaan agama ini tidak dikelola dengan baik, dapat menjadi sumber konflik dan meningkatkan sikap ekstrim dalam membela kebenaran agama masing-masing.

Oleh karena itu, Wali Kota Binjai menyebut, penting bagi seluruh masyarakat untuk memahami dan menerapkan moderasi beragama. Moderasi beragama adalah sikap percaya diri dalam beragama dan meyakini kebenaran agama yang dianut, namun juga mengembangkan sikap toleransi dan menghargai pengikut agama lain yang memiliki keyakinan berbeda.

“Moderasi beragama menjadi solusi untuk menciptakan kerukunan, harmoni sosial, dan menjaga kebebasan beragama, serta menghargai keragaman tafsir dan perbedaan pandangan, sehingga masyarakat tidak terjerumus pada ekstremisme, intoleransi, dan kekerasan atas nama agama,” sebutnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Binjai sangat mengapresiasi dan mendukung program kampung moderasi beragama ini.

“Dengan memahami dan menerapkan moderasi beragama, diharapkan Kota Binjai dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan dapat hidup dalam harmoni, menghormati satu sama lain, dan menjunjung tinggi keragaman yang ada,” ucap Wali Kota Binjai.

“Saya mengharapkan komitmen kita bersama untuk menghargai dan memberikan ruang yang cukup bagi individu maupun kelompok-kelompok untuk menjalankan keyakinan dan kepercayaannya tanpa diskriminasi,” katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Binjai Irwansyah Nasution, S.Sos., Kakan Kemenag Kota Binjai Drs. H. Syafaruddin, MA., Ketua MUI Kota Binjai Dr. HM. Jamil, MA., Penasehat Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Binjai Pendeta Dr. Janes Padang, M.Th., para kepala OPD Pemko Binjai, para Camat dan Lurah, serta para tokoh agama dan masyarakat. (Solihin)

 

Related Articles

Back to top button