Pasang Telinga

Syah Afandin Sambut Kepulangan Jamaah Haji, 6 Jemaah Haji asal Langkat Wafat

LANGKAT, metro24jam.news- Plt Bupati Langkat Syah Afandin didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kakanwil Kemenag Sumut) Ahmad Qosbi menyambut kepulangan jamaah haji asal Kabupaten Langkat.

Kepala Dinas Komifo Kabupaten Langkat Syahmadi, Senin (17/7) menjelaskan, Rombongan jemaah haji asal Kabupaten Langkat tersebut disambut di aula Asrama Haji Medan Sumut, Jalan AH Nasution Pangkalan Mansyhur, Medan Johor, Minggu (16/7) sore.

Dijelaskan Syahmadi, tercatat ada enam jemaah haji asal Langkat yang wafat ditanah suci dan seorang meninggal dunia saat berada di asrama haji yakni, Habibah Binti Saleh wafat di Asrama Haji Medan, Sukemi Yoso Bin Dikromo Wafat di Saudi Arabia, Maisarah Binti Bahri Wafat di Saudi Arabia, Rasim Binti Marwl Wafat di Saudi Arabia, Satiyem Murngali Binti Babdulah Wafat di Saudi Arabia dan Mukijo Marto Bin Rejo Wafat di Saudi Arabia. Dan satu jemaah haji asal Langkat atas nama Musinem sedang dalam perawatan medis di Saudi Arabia.

Dari 358 orang Jama’ah Haji dan Petugas Haji 10 orang dengan total 368 asal Kabupaten Langkat, pulang ketanah Air pada hari Minggu (16/7) semalam, sambung Syahmadi berjumlah 345 Jama’ah Haji.

Sementara itu keloter 12 Embarkasi Medan dan 7 orang Jama’ah haji lainnya direncanakan akan tiba ditanah air hari ini, Senin (17/7) bersama Keloter 14 Embarkasi Medan.

Masih penjelasan Kadis Kominfo Kabupaten Langkat, Plt.Bupati Langkat Syah Afandin dihadapan jemaah haji menyampaikan rasa syukur dan haru atas kepulangan para tamu Allah dari tanah suci, “Tidak banyak yang saya sampaikan di kesempatan ini, karena saya sadar bahwa Bapak/Ibu telah cukup rindu dengan sanak saudara, keluarga, kerabat dan jiran tetangga sehingga bergegas untuk segera bertemu, rasa syukur dan haru saya raskan atas kepulangan saudara ku sekalian,” ucap Syahmadi menirukan sambutan Syah Afandin.

Kami berbesar hati dan penuh harapan Insya Allah titel Haji Mabrur yang melekat seiring keberadaan Bapak Ibu di tengah-tengah masyarakat nantinya mampu dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya.

Kemabruran haji akan terlihat semangkin taat dan selalu gemar menampilkan pribadi terpuji baik melalui pemikiran, perkataan dan perbuatan.

Plt Bupati Langkat pada kesempatan tersebut juga menyampaikan permohonan maafnya kepada para jamaah haji, sambung Syahmadi. “Salam saya kepada keluarga dan sanak family serta mohon maaf kami, atas nama Pemerintah Kabupaten Langkat dan pribadi, bila sejak mulai pemberangkatan hingga penyambutan ada hal-hal yang dirasakan kurang baik dan berkenan, ucap Syah Afandin saat itu.

Lebih lanjut disampaikan Syahmadi, dihadapan jemaah haji tersebut Plt Bupati Langkat juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Langkat telah mengagendakan penepung tawaran penyambutan jamaah haji sekaligus peringatan tahun baru Islam 1445 Hijriah, yang rencananya akan di laksanakan pada hari Rabu (26/7) mendatang di serambi Jentra Malay rumah dinas Bupati Langkat.

Di penghujung sambutannya Syah Afandin mengajak Para jamaah haji yang tiba di tanah air tersebut, bersama-sama membacakan surat Al-Fatihah untuk seluruh jamaah haji yang telah wafat, kiranya Allah tetapkan di surga yang terbaik dan di berikan kesembuhan bagi jamaah yang sedang di rawat di tanah suci.

Senentara itu Kakanwil Kemenag Sumatera Utara Ahmad Qosbi, menyampaikan ucapan terimakasih kepada sosok kepala daerah langkat Syah Afandin, yang selalu setia demi para jamaah haji baik dari mulai berangkat yang mengalami penundaan waku seperti terlihat seperti hari ini, beliau dari pagi sudah menunggu atas kepulangan jamaah haji ke tanah air dan mengalami keterlambatan sampai asrama haji ini.

Namun pak Syah Afandin tetap setia dan cinta kepada bapak/ibu untuk menunggu. Dan kembali saya ucapkan terima kasih kepada bapak Syah Afandin yang akan melaksanakan penepungtawaran atas kembalinya bapak/Ibu jamaah haji di tanah air.

Kita sama-sama doakan untuk bapak Syah Afandin selalu di berikan Kesehatan oleh Allah dan tetap amanah memimpin Langkat.

Selamat kembali ketanah air bapak/ibu jamaah haji ke tanah air semoga menjadi haji yang mabrur, selalu membawa keteduhan dan kedamaian bagi keluarga, masyarakat dan dimanapun bapak/ibu berada.

Saya memohon maaf apabila pelayan kami selaku panitia penyelenggaraan Haji tahun 2023 Sumatera Utara tidak sesuai yang di inginkan bapak ibu dan terdapat kesalahan, maka ini menjadi pelajaran kami untuk membenahi penyelenggaraan tahun depan, tutup Kakanwil Kemenag Sumatera Utara Ahmad Qosbi dalam sambutanya. (Wahyudie)

 

Related Articles

Back to top button