Buka Mata

MPLS SMAN 13 Medan Fokus pada Lingkungan, Bela Negara dan Religi

MEDAN, metro24jam.news- SMA Negeri 13 Medan menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari mulai, Kamis (13/7) hingga Sabtu (15/7) di halaman sekolah tersebut Jln Zein Hamid Medan.

Ketua panitia Syaipul S.Ag menyebutkan penyelenggaraan MPLS dimaksudkan untuk lebih mengenalkan siswa baru ini pada lingkungan sekolah.

“Apa saja sarana dan prasarana yang tersedia, berikut kegiatan apa saja yang dapat mereka ikuti sesuai minat dan bakatnya,” kata Syaipul.

Selain itu masih ada tata tertib dan aturan yang berlaku di sekolah. Itu sebabnya SMA 13 bekerjasama dengan aparat TNI .

Tak saja mengajarkan disiplin dan baris berbaris tapi yang terpenting adalah menanamkan rasa cinta tanah air dan bela negara.

Selain bela negara dan wawasan kebangsaan. Satu lagi yang tak kalah pentingnya yakni motivasi religi dan ibadah .

“Anak sejak dini harus diajarkan, mau kemana dan akan kemana dia nanti. Jika berpangkal dari Yang Maha Kuasa maka selamatlah dia dunia dan akhirat begitu juga sebalik. Itu sebabnya, kita sangat menekankan shalat lima waktu sehari semalam, bagi yang beragama Islam dan ibadah ke gereja bagi pemeluk agama Kristen. Tak hanya shalat lima waktu tapi ilmu fiqih lainnya,” kata Syaipul.

Sementara saat ditemui di kantornya, Jumat (14/7/2023) Kepala SMA Negeri 13 Medan Hj Fauziah Hasibuan S.Pd. M.Si menambahkan, MPLS ini lebih kepada bagaimana siswa baru ini beradaptasi dan mengenal lebih dekat sekolahnya. Supaya muncul kecintaan terhadap sekolah, dengan begitu motivasi belajar pun bisa meningkat.

“Disisi lain, kita juga berharap timbul sinergi antara orang tua dan sekolah. Dengan sinergi seperti ini,semakin memudahkan kinerja kita. Bentuk partisipasi seperti ini, yang sebenarnya kita butuhkan,” kata Fauziah.

MPLS SMA 13 Medan akan berlangsung hingga Sabtu ( 15/7) dengan narasumber TNI, guru dan siswa yang tergabung dalam OSIS dengan diikuti 432 orang peserta. (evi)

Related Articles

Back to top button