Hukum & Kriminal

Dugaan Merugikan Keuangan Negara, Mantan Kades Bunuh Raya Dipindahkan ke Rutan Kabanjahe

KABANJAHE, metro24jam.news- Suranta Sembiring, mantan Kepala Desa Desa Bunuh Raya, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, diamankan Kejari Karo pada Mei 2023 lalu. Pria yang juga sebagai Sekretaris desa itu, dianggap merugikan negara dalam proyek peningkatan jalan usaha tani Rp160 juta.

“Saat ini beliau sudah di Rutan Kabanjahe. Indikasi tersangka Suranta Sembiring melawan hukum, dikarenakan merugikan negara dari Anggaran Dana Desa tahun 2015-2016 atas proyek peningkatan jalan usaha tani di Desa Bunuh Raya Rp160 juta,” ujar Kajari Karo, Tri Sutrisno melalui Kasi Pidsus, Gilbert Sitindaon Rabu (12/7)

Gilbert mengatakan, dari hasil lidik atas pembangunan jalan tembus usaha tani tersebut, Suranta Sembiring melakukan indikasi korupsi material berupa sertu dan batu, yang tidak sesuai dengan peruntukan pembangunan jalan.

“Saat ini tersangka mendekam di Rutan Kabanjahe, dan berkas secepatnya akan dilimpahkan ke Tipikor Medan. Tersangka dikenakan Pasal 2 dan 3. Dari hasil pemeriksaan tersangka, kita menyita berupa dokumen,” imbuh Gilbert Sitindaon. (dede basyri hasibuan)

Editor: Janopa Sihotang

 

 

Related Articles

Back to top button