Ekonomi

Bobby Nasution Saksikan Pengolahan Sampah Plastik di Belawan, Bisa Jadi Papan & Lampu Taman

MEDAN, metro24jam.news– Begitu mengetahui adanya lokasi pusat daur ulang sampah plastik yang berlokasi di Jalan Sumatera, Kecamatan Medan Belawan, Wali Kota Medan Bobby Nasution langsung mengunjunginya, Kamis (6/7) sore. Di sini, orang nomor satu di Pemko Medan ini ingin melihat proses pengelolaan sampah plastik yang diketahui sangat sulit terurai tersebut.

Kehadiran Bobby Nasution turut didampingi Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan Suryadi Panjaitan, Kadis Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Benny Iskandar Nasution, Kadis Tenaga Kerja Ilyan Chandra dan Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap.

Setibanya di lokasi, menantu Presiden RI Joko Widodo ini langsung melihat proses pengelolaan sampah plastik yang menggunakan sebuah mesin. Bahkan, Bobby Nasution pun sempat mencoba memasukkan langsung sampah plastik ke dalam mesin tersebut.

Di kesempatan itu, Bobby Nasution juga menyampaikan sejumlah arahan kepada perangkat daerah terkait. Terlebih, dalam upaya bersama untuk menangani persoalan sampah plastik di ibukota Provinsi Sumatera Utara agar dapat lebih diminimalisir dan ditangani secara baik dan bijak.

Kepada Bobby Nasution, pemilik rumah daur ulang sampah plastik yang Bernama Tom Agustinus Sinaga mengatakan, upaya daur ulang sampah plastik yang dilakoninya baru saja berjalan. Sejauh ini, akui Tom, sampah plastik diterima dari sampah rumah tangga yang berasal dari masyarakat sekitar.

“Dalam sehari, kita bisa olah sampah plastik hingga puluhan kilo. Hasil dari olahan sampah plastik ini menjadi sebuah gumpalan cairan. Lalu kemudian kita cetak menjadi kayu balok atau papan. Bahkan, sudah mulai kita coba sebagai bahan baku untuk menjadi lampu taman,” kata Tom. (rel)

Related Articles

Back to top button