Pasang Telinga

Inovasi Demi Sepeda Bagus Disdik Deli Serdang Dipamer Bupati Melalui Zoom Meeting

DELI SERDANG, metro24jam.news- Demi Sepeda Bagus akronim dari Deli Serdang Mewujudkan Impian Sekolah Peduli Keluarga dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan model layanan pendidikan bagi ABK melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Inklusi Sosial, Pendidikan Keluarga, Kolaborasi Stakeholder dan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kabupaten Deli Serdang.

Latarbelakang yang membidangi inovasi tersebut, antara lain akses pendidikan ABK di Kabupaten Deli Serdang belum terlayani dengan baik. Sekolah Luar Biasa (SLB) yang dikelola pemerintah provinsi, belum mampu menjangkau ABK yang mayoritas di pedesaan, kawasan pesisir dan daerah dengan kantong kemiskinan.

Hal ini disampaikan Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan ketika mempresentasikan Inovasi Demi Sepeda Bagus melalui Zoom Meeting pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) TOP 45 Tahun 2023 di Aula Cendana, Kantor Bupati Deli Serdang dan dibuka Tim Panel Independen, Eko Prasojo dan diikuti anggota Tim Panel lainnya, Nurjaman Mochtar, Haruti Indah Suksmaningsih dan Erry R Harjaparnekas, Senin (3/7/23).

“Sekolah Inklusi sebagai solusi pendidikan bagi ABK menyisakan banyak masalah. Dalam hal pembelajaran di kelas, kurangnya tenaga pendidikan yang paham ABK, kurangnya sarana-prasarana pendukung bagi ABK,” ujar Bupati.

Latar belakang lain, lanjut Bupati, lahirnya Inovasi Demi Sepeda Bagus adalah kerjasama antara pihak sekolah dengan orangtua belum berjalan baik. Dan terakhir tidak semua ABK bisa belajar di Sekolah Inklusi karena kondisi fisik yang tidak sempurna.
“Inilah hal-hal yang melatarbelakangi kebijakan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, dalam hal ini Dinas Pendidikan untuk membidangi Inovasi Demi Sepeda Bagus ini,” jelas Bupati

Mendampingi Bupati dikesempatan itu, Ketua TP-PKK Deli Serdang, Ny Yunita Ashari Tambunan; Ketua Dharma Wanita, Ny. Boya Timur Tumanggor; Asisten III Administrasi Umum, Dedy Maswardy, Kepala Bappedalitbang, Remus Hasiholan Pardede, Kepala Dinas P3AP2KB, Miska Gewasari, Kepala Dinas Kominfostan, Cristina Helen Siagian, Kepala Dinas PMD, Khairul Azman, Kepala Dinas Pendidikan, Yudy Hilmawan juga pencipta Demi Sepeda Bagus, Yusnaldi Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang. (hendra sembiring)

Related Articles

Back to top button