Pasang Telinga

Menyemarakkan Idul Adha, Plt Bupati Langkat Pukul Bedug Tanda Pelepasan FESPOTA 1444 H

LANGKAT, metro24jam.news– Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat Syah Afandin menghadiri pelepasan Peserta Festival Pawai Obor dan Takbir Akbar (FESPOTA) dengan Becak hias dalam Rangka Menyemarakan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M, bertempat di depan Masjid Asy-Syuhada Jl Proklamasi Kecamatan Stabat, Jum’at (30/6/2023) malam.

Pelepasan FESPOTA dan becak hias ditandai dengan pemukulan bedug oleh Plt Bupati Langkat di dampingi Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang SIK SH, Sekretaris Daerah Amril S.Sos, Anggota DPRD Kabupaten Langkat Fraksi Golkar Pujianto SE, Fraksi PKS Hj Fatimah.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Langkat Syahmadi S.Sos, Sabtu (1/7/2023) via seluler menjelaskan, giat festival tersebut rutin setiap tahunnya di laksanakan dalam rangka menyemarakkan hari raya idul Adha.

“Sedikitnya 76 peserta becak hias dari 5 (lima) Kecamatan memeriahkan festival berbasis kerakyatan tersebut, dalam rangka menyemarakan peringatan hari raya Idul Adha 1444 H /2023 M,” sebut Sayhmadi.

Adapun beberapa Kecamatan yang ikut andil dalam festival tersebut antara lain Kecamatan Binjai 3 becak hias, Kecamatan Hinai 12 becak hias, Kecamatan Wampu 10 becak hias, Kecamatan Secanggang 2 becak hias dan Kecamatan Stabat 49 becak hias.

Lebih lanjut disampaikan Syahmadi, untuk peserta pawai obor dan takbir akbar sebanyak 5000 orang. Rute titik kumpul atau start di depan Masjid Asy-Syuhada Jalan Proklamasi Kecamatan Stabat menuju Masjid Raya Stabat Jalan KH.Zainul Arifin Kecamatan Stabat.

“Meski dibawah guyuran hujan para peserta FESPOTA tetap semangat dalam menyemarakan Hari Raya Idul Adha 1444 H, dengan melalui rute start di depan Masjid Asy-Syuhada Jalan Proklamasi Kecamatan Stabat menuju Masjid Raya Stabat Jalan KH.Zainul Arifin Kecamatan Stabat,” sebut Syahmadi.

Plt Bupati Langkat Syah Afandin dalam sambutanya menyampaikan dukungan dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan festival pawai obor dan takbir akbar dan becak hias yang di laksanakan oleh BKPRMI Kecamatan Stabat ini sebagai bentuk mewujudkan satu negeri yang religius. Itu tidak hanya dengan ucapan tapi harus dengan perbuatan nyata dan dengan semangat yang luar biasa.

“Saya berjanji kalau seandainya Allah SWT ridho saya duduk kembali menjadi pemimpin Langkat, saya tidak inginkan acara-acara festival pawai obor dan takbir akbar ini kalian yang membiayai sendiri lagi tapi kita masukkan ke APBD Langkat, mudah-mudahan DPRD nya setuju”, ucap Syahmadi menirukan sambutan Plt Bupati Langkat malam itu.

Jadi intinya, Syah Afandin ingin semuanya terus tetap semangat, semua para pemuda – pemudinya. Dapat dilihat pawai didominasi para remaja adalah sebagai garda terdepan dalam mensyiarkan Islam karena ini adalah kegiatan yang positif.

“Hari ini kami sepakat dengan Pak Kapolres kenapa kami wajib hadir hari ini, kita sudah sangat riskan melihat kondisi pemuda hari ini yang sudah terkontaminasi dengan hal-hal yang negatif ditambah pengaruh-pengaruh dari narkoba dan handphone ini juga sudah sangat luar biasa yang nanti pada endingnya, bisa menimbulkan perpecahan di bangsa ini,” sebut Syah Afandin.

Kita bicara cukup lengkap kita tidak mau di Kabupaten Langkat ada perpecahan jadi acara-acara seperti ini kami sangat memberikan dukungan sangat memberikan dorongan, beber Syahmadi menjelaskan.

“Maka kita berharap persatuan dan kesatuan bangsa ini bisa kita jaga terus, dan saya berharap nanti apa yang adik-adik lakukan walaupun ini Stabat tapi di sini nanti Insya Allah bisa menjadi ikon dan di ikuti oleh daerah-daerah lain demi perkembangan syiar Islam dan ikut serta dalam mewujudkan Kabupaten Langkat yang maju sejahtera dan religius,” tambahnya. (wahyudie)

 

Related Articles

Back to top button