Pasang Telinga

SMAN 17 Gelar US dan Loloskan 27 Siswa SNBP

MEDAN, Metro24jam.news – Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) sebagai syarat kelulusan siswa diadakan di SMA Negeri 17 Medan. US yang sudah dimulai 3 sampai 11 April 2023 dan sudah berlangsung selama tiga hari ini berjalan aman dan lancar.

Ditemui di sekolahnya Jalan Jamin Ginting Medan, Plt Kepala SMA Negeri Medan Jusuf Ginting SPd, MSi kepada wartawan, Rabu (5/4/2023) menjelaskan, peserta US berjumlah 284 orang untuk semua jurusan IPA dan IPS.

Walau bukan faktor penentuan kelulusan siswa, tapi US ini sebagai syarat kelulusan siswa jika tidak mengikuti dan menyelesaikan semua materi soal yang diujikan oleh pihak sekolah, maka kelulusan siswa akan dipertimbangkan pada rapat akhir kelulusan siswa dalam rapat dewan guru.

“Bagi siswa yang berhalangan karena sakit diberikan ujian susulan. Sehingga mereka bisa diberikan kesempatan untuk mengikuti US dan dapat lulus dengan nilai terbaik dan memuaskan,” katanya.

Lolos SNBP

Pada kesempatan itu, Jusuf Ginting mengaku hasil SNBP 2023 belum memuaskan. Dari 114 peserta siswa eligible hanya 27 siswa yang lulus sementara tahun lalu siswa yang lulus 64 orang. Artinya, penurunan jumlah kelulusan diakibatkan siswa salah pilih jurusan.

Padahal, pihak SMAN 17 Medan sudah menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) nilai 80 kepada semua siswa kelas XII. “Kita juga melakukan kerjasama try out yang dibiayai oleh dana BOS dengan Ruang Guru secara gratis kepada semua siswa,” tambahnya.

Dikatakannya, SNBP harus match and link dengan kemauan dan kemampuan. Berbagai upaya terus didorong kepada anak didik. Kepada orang tua dan siswa dipanggil datang ke sekolah guna membahas pendaftaran SNBP. Tujuannya agar peluang siswa diterima di PTN besar dan jumlahnya meningkat.

“Kita sesalkan anak didik ada yang tak serius dan terkesan main-main. Sekolah sudah memberikan pengertian kepada orang tua dan siswa agar tak salah pilih jurusan. Banyak siswa lebih memilih jurusan tertentu dengan persaingan ketat dan peluang masuk PTN sedikit,” jelasnya.

Selama ini tambah Jusuf Ginting mengatakan, para siswa hanya terfokus pada jurusan kedokteran, teknik, hukum, ekonomi dan IT. Kedepan, pihaknya sudah mengarahkan agar memilih jurusan budidaya pertanian, perikanan yang bisa dikembangkan menjadi potensi utama.

Dari 27 siswa yang lulus SNBP 2023 itu tersebar di Universitas Diponegoro, USU, UNIMED, ITS Sumatera, Politeknik Batam, Politeknik Negeri Medan, Universitas Bengkulu, Universitas Lampung Mangkurat, Universitas Malikul Saleh, IT DEL dan Poltekes Medan. (evi)

Related Articles

Back to top button