Peristiwa

Kembali Warga Mbal-mbal Petarung Demo di Kantor Bupati Karo

KABANJAHE, Metro24Jam.news- Puluhan warga Dusun Paya Mbelang, dan Rambah Galonggong, Desa Mbal-Mbal Petarum, Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo melakukan aksi demo di Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Kamis (30/3/2023).

Warga sebelumnya melakukan aksi ke di halaman DPRD Karo di Jalan Veteran, Kabanjahe. Namun, saat menyampaikan aspirasinya, warga tidak mendapatkan jawaban langsung dari Ketua maupun anggota DPRD Karo. Sehingga, mereka melanjutkan aksinya ke Kantor Bupati Karo dengan berjalan kaki seraya membentang spanduk.

Koordinator aksi, Rendi Sembiring menyebutkan, aksi demo itu dilakukan dilatarbelakangi keputusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo terkait lahan pengembalaan Mbal-Mbal Nodi yang tertuang di dalam Perda 03 tahun 2021.

“Perda tersebut sangat berdampak buruk kepada kehidupan masyarakat di sana, apalagi mereka yang berpenghasilan pertanian jagung. Hampir dua pekan, Pemkab Karo telah menertibkan lahan tersebut, sama sekali belum ada solusi terkait permasalahan ini,” terang nya.

Tuntutan warga terkait penertiban areal Mbal-mbal Nodi, lanjuy dikatakan Rendi, agar Pemkab Karo melakukan pengkajian ulang atas Perda tersebut. Pasalnya, di areal Nodi ada dusun berpenduduk sekitar 80 kepala keluarga. Bahkan di lahan seluas 682 hektare itu, juga terdapat bangunan Sekolah Dasar yang aktif melakukan aktivitas belajar mengajar.

Asisten II Pemkab Karo, Dapat Kita Sinulingga, menerima warga yabg melakukan aksi, mengatakan, para pimpinan Pemkab Karo sedang berada di luar kota. Membuat para pedemo merasa kecewa dan membubarkan diri.

Penulis: Dede Basyri Hasibuan.

Related Articles

Back to top button