Buka Mata

SMKN 6 Medan Peringati Isra Miraj sekaligus PKR

MEDAN, Metro24jam.news- Sekolah Menengah Kejuruan Neger i(SMK) negeri 6 Medan, menggelar Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW sekaligus Pesantren Kilat Remaja (PKR) 1444 di sekolahnya, Jalan Jambi Medan, Jumat (24/3 /2023). Penceramah Al Ustadz Aleksander Zulkarnaen dan para panitia PKR.

“Acara ini diharapkan memberi wawasan dan pemahaman keagamaan bagi siswa Muslim, sekaligus kewajiban melaksanakan Ibadah Puasa bagi yang sudah Akil baliq,” ujar Kepala SMKN 6 Medan Lando Rajagukguk.

Kata diaI, acara ini bagian dari program keagamaan, dalam hal ini agama Islam sekaligus PKR. “Syukur pula acara berlangsung lancar dan siswa mengikuti dengan tertib hingga selesai,” lanjut Lando.

Adapun tema peringatan Isra Mi’raj kali ini meraih berkah Ramadhan dengan membaca Al Qur’an.

Sedangkan penceramah, Al Ustad Aleksander Zulkarnaen memaparkan tentang Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dilatarbelakangi kesedihan beliau atas wafatnya orang-orang yang dia kasihi. Maka,Allah SWT memikrajkan Nabi Muhammad hingga langit ketujuh.

Selanjutnya,Nabi Muhammad menerima perintah shalat dikerjakan lima waktu sehari semalam.

“Maka, saya ingatkan kembali pada siswa SMKN 6 Medan, jangan pernah meninggalkan shalat apapun alasannya, karena shalat adalah tiang agama dan kunci sukses dalam meraih impian,”ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, orang yang sukses ditandai dengan pelaksanaan shalat dan kepatuhan pada orang tua.

“Ciri orang yang akan sukses dengan cita-citanya adalah mereka yang melaksanakan shalat dan patuh pada orangtua.Mengapa? karena Allah sangat mengutamakan dan mengabulkan doa orang yang melaksanakan shalat. Selain itu shalat itu,dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW saat kembali dari Isra Mikraj.

Hal lain disampaikannya, agar para siswa berhasil patuh pada orang tua dan guru, sebab doa-doa dari mereka bagian dari kesuksesan yang diraih

Sementara Kadis Pendidikan Sumut Dr. H. Asren Nasution, M.A., mengapresiasi Kepala Sekolah SMK N 6 Medan Lando Rajagukguk dan guru – guru yang telah melaksanakan Peringatan Isra Miraj sekaligus PKR

“Kegiatan ini dapat membentuk mental spiritual siswa secara langsung dan ini bisa kita jadikan patron atau contoh bagi sekolah lain dalam kegiatan Pelaksanaan Hari Besar Islam,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Kabid SMK Diknas Sumut Dr. Suhendri MA, kegiatan ini sangat positif, apalagi dalam rangka mengurangi tawuran di generasi muda.

Disamping itu, kegiatan ini juga bagian dari implementasi 7 Perintah Harian Kepala Dinas Pendidikan Sumut dan tagline SMK dalam membentuk karakter siswa sesuai dengan kurikulum merdeka yaitu menjadikan siswa Siap Kerja, Santun, Mandiri, dan Kreatif.

Jika mental spiritual siswa terbentuk dengan baik maka misi Pendidikan Sumatera Bermartabat akan terwujud.Sekaligus mengisi kekosongan pelajaran saat Ramadhan. (evi)

Related Articles

Back to top button