Pasang Telinga

Warga BSP Gelar Punggahan Mempererat Silaturrahmi dan Momen Meminta Maaf

DELI SERDANG, Metro24jam.news- Warga muslim Komplek Perumahan Bumi Serdang Permai (BSP) Desa Pasar Melintang, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang mengadakan punggahan dengan berkumpul dan makan bersama menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah di Mesjid Al Hidayah Komplek perumahan tersebut, Senin (20/3/23) malam.

Dalam sambutannya, penasehat BKM Al Hidayah H Syarifuddin mengatakan salah satu tradisi atau budaya yang biasa dilakukan dalam menyambut Bulan Suci Ramadan, yaitu tradisi punggahan.

“Pungahan merupakan bentuk silaturrahmi dan momen untuk meminta maaf sesama warga. Mari menyambut puasa dengan hati yang bersih dan suci agar ibadah puasa diterima Allah SWT,” kata Buya, panggilan warga BSP kepada Syarifuddin di sela acara punggahan.

Sementara Nazir BKM Al Hidayah Rahmadsyah menuturkan tradisi Punggahan berasal dari kata munggah yang memiliki arti naik. Maksudnya, tradisi ini diharapkan mampu menaikkan derajat manusia dalam menghadapi bulan puasa, baik secara lahiriyah maupun batiniyah.

“Kegiatan ini untuk mempererat silaturahmi dengan berkumpul, saling menyapa, bersalaman dan memaafkan serta tak lupa berdoa memohon keridhoan dari Allah SWT,” bilang Rahmadsyah.

Turut hadir Penasehat BKM Al Hidayah H Syarifuddin, Ketua STM Al Hidayah Razali SM, Ketua BKM Hendra Sembiring, Nazir Rahmadsyah, kordinator pemeliharaan mesjid Haris Nur, ibu-ibu perwiritan dan jemaah Masjid Al Hidayah Komplek BSP Lubuk Pakam.(hendra sembiring)

Related Articles

Back to top button