Beranda News Buka Mata BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia Tutup, Nasabah Tuntut Uang Tabungan Dikembalikan

BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia Tutup, Nasabah Tuntut Uang Tabungan Dikembalikan

536
0
Kantor BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia yang sudah tutup. (bambang)

DELI SERDANG, Metro24jam.news- Muhammad Guntur Margolang S.Pd (29), seorang nasabah BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia, kesal karena uang tabungannya Rp51 juta tak bisa ditarik. Pasalnya, kantor BMT Kube Sejahtera OO1 di jalan M.Yakub Lubis, Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, sudah tidak lagi beraktivitas alias tutup total.

Muhammad Guntur Margolang, warga Desa Bandar Setia, mengatakan uang yang ditabung di BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia adalah hasil jeri payahnya selama ini. Menurut dia, selain ibunya Elly Firiana yang menabung uang Rp38 juta di BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia, masih ada juga nasabah lain. Total nasabah, lanjut Guntur, sekitar23 orang.

Muhammad Guntur Margolang bersama nasabah lain pernah mendatangi pengurus BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia, atas nama Sugiato. Saat itu pengurs berjanji akan mengembalikan semua uang nasabah.

“Kami para nasabah yang menabung berjumlah 23 orang membuat sebuah perjanjian tertulis di atas materai pada 21 Juli 2022 dan ditanda tangani oleh pengurus BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia, Ketua Sugiato, Sekretaris Suwitno SP, Bendahara, Dr.Mesiono S,Ag.Mpd dan Pengawas Muhyiddin. Sementara Manajer BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia atas nama Winarti enggan menanda tangani,” kata Guntur didampingi kedua orangtuanya.

Lebih lanjut di jelaskan Guntur, dalam perjanjian tertulis itu para pengurus BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia, berjanji akan mengembalikan uang nasabah dengan jumlah Rp, 832.126.000 sampai batas 31 Desember 2023.

Dalam perjanjian tersebut, tertulis: Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa kami selaku Pengurus, Pengawas, Manejer dan pengelola BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia berjanji secara sadar bahwa kami bertanggung jawab penuh atas pengembalian uang/dana nasabah BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia dengan jangka waktu paling lama sampai tanggal 31 Desember 2022.

Dan kami berjanji apabila sampai 31 Desember 2022 kami selaku Pengurus BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia tidak dapat mengembalikan dana tersebut tepat waktu, maka kami bersedia mengganti dengan agunan berupa sertifikat tanah atau pun surat berharga lainnya sebagai jaminan dan kami bersedia dituntut sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Sepertinya mereka saling lempar bola saat kami meminta uang kami yang kami tabungan dikembalikan. Sebelumnya kami percaya menabung di BMT Kube Sejahtera 001 itu, karena pimpinan pengurus BMT Kube Sejahtera OO1 merupakan sosok kades Bandar Setia yaitu Sugiato,” ujar Guntur didampingi beberapa orang nasabah BMT Kube Sejahtera OO1 kepada Metro24jam.news, Kamis (16/3/2023) di Percut Sei Tuan.

Guntur menjelaskan, bahwa jumlah tabungan yang mereka tabungkan di BMT Kube Sejahtera OO1 bila di total mencapai Rp 832 juta. Guntur menduga kantor BMT Kube Sejahtera OO1 sudah dijual, jadi bukan milik BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia lagi.

Terpisah Ketua BMT Kube Sejahtera 001 Bandar Setia, Sugiato yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Bandar Setia saat di konfirmasi wartawan Rabu (11/1/2023) mengatakan, sebelum menjabat Kades dirinya menjadi pimpinan BMT Kube Sejahtera OO1 dan ada ratusan hingga ribuan nasabah yang menabung di BMT Kube Sejahtera OO1, namun saat ini uang di kas sudah kosong.

“Ya kas BMT Kube Sejahtera 001 sudah kosong,” ucapnya di ruang kantor Desa Bandar Setia.

Sugiato mengaku akan mempertanggung jawabkan bersama sekertaris, bendahara dan pengurus lainnya untuk mengembalikan uang para nasabah. Ia juga menyebutkan meraka masih menunggu tanggung jawab manejer BMT Kube Sejahtera 001 an- Winarti yang coba mengundurkan diri sejak terjadinya masalah ini.

Sebelumnya, Bendahara BMT Kube Sejahtera OO1 Bandar Setia, Dr Mesiono S.Ag.MP.d, saat dikonfirmasi wartawan lewat pesan WhatsApp Jum’at (6/1/2023) menjelaskan, “Mohon maaf Adinda, sebaiknya adinda jumpai pak Kades (ketua BMT) saja. Abang kurang menguasai atau cukup informasi berkaitan dengan BMT. Karena Abang jarang dan tidak berkantor di BMT bahkan Abang pun tidak terlibat dalam pengelolaan keuangannya. Jadi Abang kurang kuat informasinya. Setelah itu nanti bolehkah kita jumpa bincang2. Iya jumpa saja sama ketua Dinda, nanti dijelaskannya.”

Terpisah, Sekretaris BMT Kube Sejahtera 001 Bandar Setia Suwitno SP, ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp Minggu (8/1/2023) mengatakan, “Maaf berkenaan dengan Koperasi BMT Kube Sejahtera 001 oleh ketua pengurus sudah dilimpahkan ke kuasa hukum, untuk itu bisa langsung konfirmasi degan kuasa hukum Pengurus Koperasi BMT SJ 001.”*

Reporter: Bambang Sujatmiko
Editor : Janopa Sihotang