Buka Mata

Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Toba 2023 Polres Langkat

LANGKAT, Metro24jam.news- Kepolisian Resort Langkat melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian keselamatan Toba – 2023, berlangsung di Lapangan Jananuraga Mapolres Langkat, Rabu (8/3/2023)

Bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, diikuti oleh personel gabungan TNI,Polri, Dishub dan Sat Pol PP Kabupaten Langkat serta unsur Forkopimda Kabupaten Langkat.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Kapolres Langkat mengatakan, puji syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, hari ini kita semua dapat hadir pada apel gelar pasukan operasi Kepolisian keselamatan Toba – 2023 dalam suasana yang penuh kebersamaan serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pelaksanaan apel gelar pasukan ini dilakukan secara serentak di seluruh jajaran Poldasu dengan tujuan sebagai bentuk kesiapan personil dan sarana prasarana yang akan dilibatkan pada Operasi Keselamatan Toba-2023, sekaligus menunjukkan kesiapan penyelenggara operasi kepada publik sehingga masyarakat Sumut dapat patuh dan disiplin dalam berlalu lintas sehingga angka pelanggaran maupun laka lantas dapat menurun dan mewujudkan Kamseltibcarlantas di wilayah Sumut,” ucap Kapolres.

Adapun sasaran operasi yakni para pelaksana operasi mampu mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sebelum, pada saat dan pasca operasi yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas khususnya menjelang bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Lebih lanjut disampaikan Kapolres operasi keselamatan Toba 2023 dilaksanakan selama 14 hari mulai dari 08 Maret hingga 21 Maret 2023 dengan target operasi yakni masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum dan pribadi, titik lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas serta kegiatan masyarakat dalam berlalu lintas yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

“Operasi ini bersifat terbuka dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri”, tegas AKBP Faisal Rahmat Husein.

Untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas operasi, perlu saya sampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan antara lain, lakukan deteksi dini, penyelidikan, pengamanan, serta pemetaan terhadap lokasi/tempat yang rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan.

Berikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang disiplin dan tertib berlalu lintas dalam bentuk kegiatan sosialisasi melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, elektronik dan medsos.

Laksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan kemacetan, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Lakukan penegakan hukum lalu lintas dan teguran secara humanis dengan menggunakan Etle Mobile pada 7 (tujuh) prioritas pelanggaran.

Seusai pelaksanaan apel Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang didampingi unsur Forkopimda melakukan pemeriksaan kendaraan pasukan.

Kegiatan apel tersebut dihadiri oleh Kajari Langkat Mei Abeto Harahap, Kepala BNN Langkat AKBP Saharudin Bangko, Mewakili Dandim 0203 / Langkat Kapt. Inf. Imran Batubara, mewakili Danyonif 8 Marinir Harimau Putih Letkol Mar Agus Wahyudi, Danton Marinir 8 Marinir Harimau Putih Letda Mar Satriyo Wibowo, Danyon A Sat Brimob Polda Sumut AKBP Junaidy, Kasat Pol PP Langkat Dameka Putra Singaribun, Ketua MUI Langkat H Zulkifli Ahmad Dian, Ketua PWI Kabupaten Langkat Darwis Sinulingga.*

Reporter : Wahyudie
Editor : Wahyudie

Related Articles

Back to top button