Pemilu

Tim Partalih KPU Kota Binjai Sudah “Merayap”, 95.251 Masyarakat Coklit

BINJAI, Metro24jam.news– Sebanyak 95.251 dari pemilih di Kota Binjai sudah dilakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Binjai, Robby Effendi, Selasa (28/2/23).

“Data per 22 Februari 2023, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Partalih) KPU Binjai sudah melakukan coklit terhadap 95.251 data pemilih dari jumlah 219.165 pemilih,” ucap Robby.

Diuraikan Robby, sebanyak 31.076 pemilih di Binjai Utara yang sudah dicoklit dari jumlah 63.913 pemilih. Diikuti 21.568 pemilih di Binjai Timur yang sudah dicoklit dari jumlah 47.951 pemilih.

Kemudian pantarlih juga sudah melakukan coklit ke masyarakat Binjai Barat ke 18.847 pemilih dari jumlah 37.993 pemilih. Diikuti masyarakat Binjai Selatan sudah dilakukan coklit ke 14.948 pemilih dari jumlah 43.661 pemilih.

Dan terakhir masyarakat Kecamatan Binjai Kota yang sudah dicoklit ke 8.812 pemilih dari jumlah 25.647 pemilih.

“Pantarlih merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. Pantarlih dalam melakukan proses pemutakhiran dan pendaftaran pemilih, mengemban tugas yang sangat penting, yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya,” tegas Robby Effendi.

Robby menambahkan, petugas pantarlih KPU Kota Binjai masih terus melakukan coklit ke daftar pemilih dari rumah ke rumah. “Penting bagi pantarlih untuk menggunakan prinsip kerja agar menghasilkan daftar pemilih yang terpercaya dan terlindunginya hak pilih warga negara,” ujarnya.

Dirinya pun berpesan kepada petugas pantarlih untuk mengemban pekerjaan yang penting ini dapat dilakukan dengan sungguh sungguh dan penuh tanggung jawab. Karena itu, pantarlih harus tepat dalam melakukan pencocokan data dan teliti dalam bekerja.

“Tak lupa juga untuk terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” tutup Robby. (syahzara solihin)

Related Articles

Back to top button