Beranda News Buka Mata 1356 Lulusan UNIMED Diwisuda, 10 Skill ini Harus Dimiliki

1356 Lulusan UNIMED Diwisuda, 10 Skill ini Harus Dimiliki

275
0
Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom M.Kes. (ist)

MEDAN, Metro24jam.news – Rektor UNIMED Prof. Dr. Syamsul Gultom M.Kes di hadapan 1356 lulusannya menyebutkan,ada 10 skill yang dibutuhkan dunia kerja.

“Pertama Ilmuwan yang Kreatif, kedua kemampuan menyelesaikan masalah, ketiga kerjasama tim atau Kolaborasi, keempat kepemimpinan, kelima kemampuan negosiasi, keenam manajemen waktu, ketujuh kemampuan mengambil keputusan,kedelapan kemampuan mengendalikan emosi, kesembilan berpikir kritis, dan terakhir Networking. Saya yakin lulusan UNIMED yang di wisuda hari ini, sudah memiliki 10 kompetensi dan skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Jika kalian yakin dan ulet keberhasilan besar pasti di depan mata,” kata Rektor UNIMED pada wisuda perdana secara luring di gedung Serbaguna, Rabu ( 22/2/2023).

Upacara wisuda diikuti oleh Ketua Senat, Para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Seluruh Anggota Senat, Kepala Biro. Ikut menyaksikan, Para Wakil Dekan, Wakil Direktur, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, para kedua orang tua dan wali para wisudawan.

Kepada para wisudawan rektor mengucapkan, selamat atas kelulusan dan gelar akademik diraih sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

“Alhamdulilah wisuda periode Februari 2023 ini dapat kita laksanakan secara langsung di Gedung Serbaguna Unimed untuk yang pertama kalinya setelah pandemi melanda kita selama ± 3 tahun, ” kata Rektor seraya menatap banyaknya wisudawan yang hadir saat itu.

Rektor menyampaikan, Unimed sekarang sedang berproses mempersiapkan peralihan status dari PTN BLU menjadi PTN-BH, agar lebih optimal dalam pengembangan mutu dan kemajuan kampus .

“Saat ini kami pimpinan Universitas Negeri Medan, sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen dan mempertajam relevansi kurikulum dengan dunia kerja melalui penyusunan kurikulum Outcomes Based Education (OBE), dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja.

Sebagai upaya mempersiapkan lulusan yang handal, bermutu dan mampu bersaing di dunia kerja, serta kita siapkan tahun depan ada beberapa Program Studi yang berhasil memperoleh akreditasi internasional. Kita juga sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” jelas rektor.

Capaian prestasi yang berhasil di raih mahasiswa Unimed ini menjadi bukti bahwa proses akademik dan non akademik di kampus hijau Unimed berjalan dengan baik dan sukses.

“Sebagai akhir pidato ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal kepada para wisudawan, bahwa apapun gelar akademik yang Saudara sandang, tentu saja membawa suatu kebahagian, kebanggaan, dan tanggung jawab tersendiri bagi Saudara. Oleh karena itu saya berpesan:

  1. Jagalah nama baik almamater (Unimed) yang telah membina dan membesarkan Saudara.
  2. Tampilkan diri Saudara sebagai insan lulusan Unimed yang menjadi agile learner, seorang pembelajar yang tangguh, lincah dan tangkas. Agile learner adalah mereka yang selalu mencari pengetahuan baru, terus meningkatkan diri, serta beradaptasi pada perubahan.
  3. Tetap jalin komunikasi dan silahturrahmi dengan Unimed sebagai almamater Saudara dan sesama alumni di manapun Saudara berada.
  4. Berikan konstribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif-solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater yang harus selalu kita banggakan,” pungkas Rektor. (evi)