Buka Mata

Tingkatkan Penghasilan Masyarakat, Pengelola Wisata Bukit Lawang Koordinasi Plt Bupati Langkat

LANGKAT, Metro24jam.news – Pelaksana tugas Bupati Langkat H Syah Afandin melakukan rapat forum koordinasi dengan pengelola wisata Bukit Lawang, berlangsung di rumah dinas Bupati Langkat, Selasa (21/2/2023).

Misbakti, selaku ketua forum menyampaikan tujuan kedatangan guna membicarakan bagaimana konsep pengelolaan wisata Bukit Lawang kedepannya serta meningkatkan penghasilan masyarakat sekitar objek wisata dan desa sekitarnya.

Ia juga mengatakan, “Sebenarnya ada poin yang terlewat dari pembicaraan kita ini, forum memberikan komitmen untuk retribusi wisata dan retribusi parkir, kami berkomitmen profesional untuk 4 desa”.

Poin itu, sambung Misbakti, Bukit Lawang harga tiket Rp. 700,00 kami dengan asumsi Rata-rata kunjungan wisata dalam 1 tahun kurang lebih 50.000 orang x Rp. 700,00. Maka FKPBL memberikan kontribusi ke Desa sebesar Rp. 35.000.000 dalam 1 tahun.

Di desa lain kami membuat harga tiket Rp. 300,00 dengan kunjungan wisata dalam satu tahun kurang lebih 50.000 orang x Rp. 300,00 maka FKPBL memberikan kontribusi ke desa sebesar Rp. 15 000.000. Keseluruhan komitmen di atas FKPBL akan merealisasikan dalam bentuk barang ataupun program Kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, Misbakti menyampaikan selain bukit lawang ada Tiga Desa yang juga punya potensi wisata yang pengunjung wisatanya 50 % dari pengujung Bukit Lawang, desa-desa tersebut meliputi Desa Sampe Raya, Desa Timbang Kaya, dan Desa Timbang Lawan, dimana 3 Desa ini memiliki potensi untuk dapat dikelola oleh Dinas Pariwisata.

Menyikapi hal tersebut, Syah Afandin mengatakan, apa yang disampaikan oleh forum sudah sesuai dengan pariwisata yang kita harapkan di Langkat ini. “Cuma yang perlu kami sampaikan bahwa apa yang sudah kita bicarakan ini harus kita lakukan peninjauan agar tidak menjadi masalah kedepannya,” ucapnya.

Rapat kordinasi tersebut juga turut dihadiri oleh Sekda Langkat Amril Nasution, Staf Ahli Bupati Sutrisuanto, Assiten I Setda Langkat Drs.Mulyono, Kadis Kominfo H.Syahmadi, Staf Dinas Pariwisata Junaidi dan Safaruddin Rambe, Ketua FKPKWBL Mis Bakti, Segenap Pengurus FKPKWBL. (wahyudie).

Editor: Eahyudie

Related Articles

Back to top button