Pasang Telinga

Program Police Goes to School, Sat Lantas Polres Sergai Tekan Kenakalan Pelajar

SERGAI, Metro24jam.news – Guna menekan pelajar terlibat dalam kenakalan remaja, Sat Lantas Polres Sergai Polda Sumut terus menggiatkan program Police Goes to School dengan kegiatan penyuluhan dan pembinaan di sekolah-sekolah, melalui Sat Lantas Polres Sergai, Senin (13/2/23).

Kegiatan ini merupakan upaya dan bentuk kepedulian Polri khususnya Polres Sergai untuk ikut membina, mengawasi dan mengarahkan anak-anak usia produktif, agar terhindar dari pengaruh negatif yang berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap situasi Kamtibmas yang ada di wilayah Kabupaten Sergai.

Kapolres Sergai AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK melalui Kasat Lantas Polres Sergai AKP Andita Sitepu, SH, MH mengatakan dalam program Police Goes to School anggota yang ditugaskan sebagai pembina upacara yang dipimpin oleh Kanit Reg Ident IPDA Zulfan Ahmadi, SH didampingi Bripka Juparto Situmorang, SH sekaligus memberikan penyuluhan dan menyampaikan pesan untuk menghindari kasus kenakalan remaja di YP. RA. Kartini, Sei Rampah.

“Kita memberikan materi tambahan tentang kedisiplinan untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja,” ujarnya. “Sebagai pembina menyampaikan himbauan kepada warga sekolah baik guru, staf dan para pelajar untuk bersama sama waspada terhadap ancaman dan pengaruh negative,” sambungnya.

AKP Andita menambahkan, program ini dilatar belakangi bahwa akhir-akhir begitu marak terjadinya kejadian tindak pidana dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kalangan pelajar, salah satunya adanya perkelahian antar sekolah.

“Kita ketahui wilayah Kabupaten Sergai adalah suatu wilayah atau daerah yang mempunyai potensi terjadinya konflik Sosial, dimana mayoritas anak-anak mudanya mengikuti kegiatan bela diri ataupun kegiatan positif lainnya.

Untuk menangkal dan meminimalisir potensi gangguan Kamtibmas terkait kenakalan remaja seperti melakukan kejahatan, mengikuti arak-arakan, konvoi dan kegiatan pelanggaran lainnya, jika tidak dikelola dengan baik tentunya akan berdampak pada situasi kamtibmas,” ungkapnya.

Selain berdampak pada gangguan Kamtibmas, tentu akibat tindakan yang dilakukan oleh pelajar apabila terlibat dalam tindak pidana pasti akan berdampak merugikan dirinya sendiri dan kelurga.

Lebih lanjut Kasat Lantas AKP Andita mengatakan, bahwa upaya pencegahan terus dilakukan oleh Sat Lantas Polres Sergai dan Pos Lantas Jajaran Polres Sergai dengan upaya pendekatan di lingkungan sekolah mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

“Kami telah melakukan kegiatan sambang dan koordinasi antar sekolah terkait informasi yang berkembang. Kemudian bersama pihak sekolah juga mengajak pihak orang tua juga bekerjasama dalam mengawasi anak-anak,” pungkasnya.

Pelaksanaan Police Goes to School turut dihadiri Ps. Kanit Kamsel Aiptu Hendra Syahputra dan Brigadir Joshua Hutahaean , S. H sambung Andita. (Bambang Sujatmiko)

Related Articles

Back to top button