Pasang Telinga

Bupati Kabupaten Pakpak Bharat Canangkan PIN Polio di Kecamatan Pagindar

PAKAPAK BHARAT, Metro24jam.news – Bupati Kabupaten Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor didampingi istri Juniatry Franc Tumanggor serta beberapa pimpinan OPD melakukan kunjungan ke Kecamatan Pagindar, Senin (13/2/2023).

Kunjungan tersebut untuk pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio se-Kabupaten Pakpak Bharat yang digelar di Desa Napatalun Perlambuken.

“Hari ini kita canangkan gerakan Pekan Imunisasi Nasional Polio bagi anak-anak kita, tolong supaya diperhatikan benar-benar kesehatan anak-anak ini, jaga kebersihan lingkungan, jaga keseimbangan gizi anak dan keluarga,” ujarnya.

Usai mencanangkan gerakan imunisasi Polio, bupati bersama istri membagikan vitamin A bagi bayi dan balita. Pemberian vitamin A akan menjadi agenda rutin di oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat kedepannya.

Setelah itu, bupati bersama istri juga mengunjungi berbagai sekolah. Ia juga menyempatkan berdialog dengan para pelajar dan guru.

Saat mengunjungi sekolah-sekolah itu, bupati banyak menerima keluhan-keluhan. Seperti terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan.

Bupati berjanji akan terus membenahi sistem dan kualitas sarana pendidikan yang ada di Kecamatan Pagindar. “Sudah menjadi kewajiban kami untuk terus membenahi setiap sektor pembangunan, utamanya masaalah pendidikan ini akan terus kami upayakan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, bupati bersama istri membagikan buku tulis bagi para pelajar. Dia berpesan agar keterbatasan yang ada tidak mengurangi semangat belajar.

“Intinya jangan pernah putus asa, timba ilmu setinggi langit, gapai cita-cita kalian semua, kalian adalah harapan terbaik Pagindar ini,” ucap dia menyemangati anak-anak sekolah.

Bupati juga membagikan banyak alat bantu bagi kelompok lansia di Pagindar, yaitu berupa berupa tongkat, dan alat bantu dengar guna menopang keseharian mereka.

“Semoga keceriaan dan bahagia bersama seluruh masyarakat Pagindar, mulai yang muda sampai yang tua,” ungkap dia.

Mengenai pembagian vitamin A, buku tulis, peralatan sekolah, makanan tambahan ibu hamil dan balita dan yang lainnya, Juniatry Franc Tumanggor yang juga ketu TP PKK Pakpak Bharat menjelaskan bahwa semua bantuan yang dibagikan hari ini bersumber dari Dana Insentif Daerah Pakpak Bharat tahun 2022.

“Jadi kita dapat tambahan dana yang cukup besar dari pemerintah pusat atas capaian vaksinasi Covid 19 yang kita lakukan, jadi kita juga patut mengapresiasi kerja keras tenaga kesehatan dan tim vaksinator kita, atas terselesaikannya vaksinasi Covid 19 tepat waktu, sehingga kita memperoleh tambahan DID ini,” jelas dia. (Lastro Banurea)

Related Articles

Back to top button