Nasional

Kabur Usai Jadi Korban Penipuan, DPP Pujakesuma Bantu Pulangkan 12 Pekerja asal Kabupaten Lumajang

MEDAN, Metro24jam.newsDPP Pujakesuma membantu pemulangan 12 pekerja lepas yang menjadi korban penipuan di Klumpang Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Jumat (28/1) kemarin. Kedua belas pekerja itu, dipulangkan setelah dipekerjakan tanpa mendapatkan gaji selama dua minggu.

“Dikontrak 3 bulan, kita kerja di sini (Sumut) aja kayak gini, apalagi kali berbulan-bulan,” terang Agus ditemui wartawan di Jalan SM Raja, Sabtu (29/1).

Agus merupakan salah satu dari 12 pekerja lepas yang dijanjikan kontrak selama tiga bulan sebagai penebang tebu di Desa Klumpang. Namun, selama 15 hari bekerja, mengaku pekerjaan tak seperti yang diharapkan seperti dalam kontrak.

Kecurigaan itu, dialami bukan hanya kepada dirinya. Semua teman-teman satu pekerjaan seolah-olah menjadi korban. Terlebih sejak pekerjaan awal-awalnya menebang tebu. Tebu yang ditebang di perkebunan, sama sekali tidak diangkat.

Padahal, dalam perjanjian gaji yang diterima dihitung dari jumlah berat pohon (tonase) yang ditebang. “Sudah ditebang, namun tebu yang telah ditebang ngak dimuat-muat berhari-hari tak diangkat. Kan tonasenya jadi berkurang,” terang Agus.

Sejak saat itu, mereka pun sepakat berhenti dari pekerjaan dan menemui orang yang merekrut saat berada di Lumajang. Namun, orang yang dimaksudkan sedikit pun tak memiliki niat memberikannya.

“Sebelumnya kita pulang, minta gaji selama 15 hari kerja, minta bon, ngak ada bon dan kompensasi tak diberikan,” terang Agus.

Padahal, bila dihitung dari hari kerja, mereka sudah selayaknya mendapatkan gaji minimal setengah bulannya seperti yang dijanjikan Rp4.5 juta perbulannya.

Nah, karena permintaan tak disekapati, mereka pun pergi dari penampungan sejak Jumat pagi (28/1) berangkat dari Klumpang menuju Poldasu dengan berjalan kaki.

Dipulangkan DPP Pujakesuma

Sehari dalam perjalanan, mereka tiba di Poldasu Sabtu (29/1) sore. “Rencananya di Poldasu, meminta pertolongan untuk dicarikan tumpangan untuk kembali ke kampung halaman,” kata Agus.

Nah, secara kebetulan, informasi ke-12 pekerja asal Kabupaten Lumajang ini sampai ke DPP Pujakesuma.

Melalui Ketua DPP Pujakesuma, Eko Sopianto SE, para pekerja dikembalikan ke kampung halamannya dengan bus lintas Sumatera tujuan Jawa Timur.

DPP Pujakesuma juga memberikan uang saku kepada 12 pekerja selama bekal dalam perjalanan menuju Dusun Belimbing Desa Rowokangkung Kabupaten Lumajang. (rel/red)

Related Articles

Back to top button