Pasang Telinga

MTQN Berastagi Berlangsung Sukses, Desa Raya Juara Umum

BERASTAGI, Metro24jam.news – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-III Tingkat Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Tahun 2023 berlangsung dengan sukses.

Acara MTQ yang juga turut memperlombakan Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) untuk pertama kalinya di Kabupaten Karo ini, ditutup Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Berastagi Tuah Aman, Minggu (22/1/2023) malam.

Sebanyak 56 peserta perwakilan dari 10 desa dan kelurahan tampil dalam MTQ kali ini. Kategori yang diperlombakan di MTQ adalah anak-anak putra-putri, remaja-putra-putri dan dewasa putra-putri. Sementara, untuk MHQ diperlombakan golongan hafiz 5 juz putra-putri dan 10 juz putra-putri.

“Saya berharap dengan pelaksanaan MTQ dan MHQ ini, bukan hanya sekedar diperlombakan. Namun, bisa menanamkan nilai-nilai al Qur’an bagi umat Islam, khususnya generasi muda Islam di Kota Berastagi ini,” ujar Tuah didampingi Ketua Panitia Tosim Siregar dan Sekretaris Ikhwan Syahlani usai penutupan MTQ dan MHQ tersebut di Gedung Kesenian Taman Mejuah-Juah Berastagi, Senin (23/1/2023) dini hari.

Terkait MHQ yang baru pertama kali ini diadakan, Tuah berharap bisa menambah pengalaman para peserta untuk meningkatkan hafalan, seni baca tulis sekaligus memahami dan mengkaji isi kandungan Al-Qur’an.

Pasalnya, dewan hakim yang dihadirkan pun tidak tanggung-tanggung. Tampak qori nasional yang juga dewan hakim MTQ Tingkat provinsi Dr. H. Tuah Sirait, bersama hafiz 30 juz nasional, H. Teguh Iman, dan H. Irwan, ketiganya menjadi dewan hakim bersama H. M. Syarif, yang dipimpin H. Abdul Fahri.

“Selanjutnya para juara MTQ yang menang akan dibawa ke tingkat MTQ Kabupaten Karo. Kita doakan anak-anak kita ini bisa memberikan penampilan terbaiknya dan mempertahankan juara umum tahun lalu, bisa lolos ke tingkat provinsi hingga nasional,” pungkasnya.

Pada MTQN Tingkat Kecamatan Berastagi tahun ini, Desa Raya berhasil menjadi juara umum. Para peserta dari Desa Raya berhasil merebut tropi bergilir dari juara umum tahun lalu, Desa Doulu.

Untuk perlombaan MTQ, kategori anak-anak putra, juara pertama diraih Sulthan El Hakim, diikuti peringkat kedua Afkar Munawwir dan peringkat ketiga Muhammad Jalil. Anak-anak putri, juara pertama diraih Nurul Mawaddah, peringkat kedua Deby Aira Pratiwi Br Tarigan dan peringkat ketiga Azalia Bilqis.

Kategori remaja putra, juara pertama diraih Ahmad Maulana M. Sitepu, peringkat kedua Aulia Ardana dan peringkat ketiga Liwa Ul Hamdi Silalahi. Untuk remaja putri, juara pertama diraih Izzatunnada, peringkat kedua Zuhailin Izlin Silalahi dan peringkat ketiga Zalika Aliyah.

Dewasa putra, juara pertama diraih Limadona, peringkat kedua Bagus Adi Prasetya dan peringkat ketiga Alpen Pinem. Dewasa putri, juara pertama Fitri Kamelia Hutapea, peringkat kedua Desi Aliya dan peringkat ketiga Aisyah Indriani.

Sementara untuk MHQ, golongan hafiz 5 juz tilawah putra, juara pertama Sulthan El Hakim, peringkat kedua Rafif Al baihaqi dan peringkat ketiga Alif Syah Marpel Pinem. Golongan Hafiz 5 juz tilawah putri, juara pertama Khairunnisa, peringkat kedua Dinda Fizatillah dan peringkat ketiga Hasna Nada Ulhaq.

Untuk golongan hafiz 10 juz putra, juara pertama diraih Bagus Adi Prasetya. Sementara, golongan hafiz 10 juz putri, juara pertama diraih Izzatunnada, peringkat kedua Silmi Alawiyah dan peringkat ketiga diraih Putri Ayu.*

Penulis: Dede Basyiri Hasibuan
Editor : Dede Basyiri Hasibuan

Related Articles

Back to top button