Buka Mata

Plt Bupati Irup Hari Peringatan HAB ke 77 dengan menggunakan Pakaian Adat.

PALAS, Metro24jam.news – Plt Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt.MM.MSi.MH menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 77 di Lapangan MTSN 1 Padang Lawas, Selasa (03/01/2023).

Peringatan HAB ke 77 pada tahun ini tampak unik, dimana Inspektur Upacara, para Petugas Upacara dan seluruh pegawai jajaran Kementerian Agama (Kemenag) mengenakan busana adat nusantara sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI Nomor 42 Tahun 2022. dimana kali ini mengangkat tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”.

“Di awal tahun, tepatnya hari ini, selasa 3 Januari 2023, Keluarga Besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti ke- 77. Kita diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946 lalu.

Kita sebagai generasi penerus Kementerian Agama sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kementerian Agama atau belum?, tanya Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas mengawali sambutannya pada HAB ke 77 yang dibacakan Plt. Bupati Padang Lawas drg. H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si.

Sambutan Mentri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHT.MM.MSi.MH menyampaikan, sebagai generasi penerus Kementerian Agama sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kementerian Agama atau belum.

Lanjutnya, baca Plt, Pada peringatan Hab ke 77 tahun ini, ia mengajak seluruh ASN Kemenag untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat dan menjadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kemenag dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

Lebih lanjut, kata Plt, Kemenag pada HAB ke-77 tahun 2023, mencanangkan tagline “Kerukunan umat untuk Indonesia Hebat”, yaitu untuk menjaga dinamisasi dan stabilitas kerukunan kususnya ditahun ini sebagai tahun politik, dan juga Menteri Agama menuntut ASN Kementerian Agama, para ulama dan tokoh masyarakat berada digaris terdepan dalam menjaga kerukunan umat beragama.

“Keluarga besar Kamenag bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai, agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi”, ungkapnya.

Sambung Plt, Mentri Agama berharap, kepada ASN Kementerian Agama agar tidak jadi partisan apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan. diharapkan ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia Hebat.

“Melalui peringatan HAB ke-77 ini, mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, pungkasnya.

Peringatan HAB dirangkai dengan pemberian penghargaan Juara III Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2022, yang digelar Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Penghargaan ini diberikan kepada Hj. Harmidawati, S.Pdi Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bulusonik Kecamatan Barumun.

Kemudian dilanjutkan dengan penyematan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Bakti dari Persiden RI Joko Widodo kepada 32 ASN lingkup Kemenag Kabupaten Padang Lawas untuk kategori pengabdian 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun dan penghargaan Dharma Bakti kepada 8 orang ASN.

Serta pemberian Beasiswa Berprestasi kepada 315 siswa siswi Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah lingkup Kemenag Kabupaten Padang Lawas.*

Penulis: Harry

Related Articles

Back to top button