Beranda News Buka Mata Layanan Spesialis di Puskesmas Kota Binjai Dihentikan

Layanan Spesialis di Puskesmas Kota Binjai Dihentikan

370
0

BINJAI, Metro24jam-news – Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Kesehatan, resmi mengeluarkan surat perihal pemberitahuan penghentian layanan Spesialis di Puskesmas Kota Binjai.

Surat dengan nomor : 445/8825/DINKES/XII/2022, tertanggal 29 Desember 2022, ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, dr Sugianto Sp, OG, MKM.

Sebagian masyarakat pun mulai resah dengan terbitnya surat tersebut. Sebab mereka menilai, layanan Spesialis itu sudah lama berjalan dan tentunya sangat membantu mereka.

Menyikapi hal itu, awak media melakukan konfirmasi kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, dr Sugianto. Menurutnya, penghentian layanan Spesialis di Puskesmas Kota Binjai, hanya bersifat sementara.

“Itu untuk sementara saja, dan diarahkan ke Rumah Sakit yang ada,” ungkap dr Sugianto, saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (31/12) kemarin.

Lebih lanjut dikatakan dr Sugianto, efisiensi anggaran dan dekatnya layanan Spesialis, serta regulasi, menjadi pertimbangan dikeluarkannya aturan itu. “Hal itu berdasarkan Permenkes nomor 75 tentang Puskesmas yang tidak mewajibkan layanan Spesialis di Puskesmas,” tuturnya.

Pun begitu, sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak resah dengan keluarnya surat tersebut. “Kepada masyarakat, kami menghimbau agar bisa ke Rumah Sakit jika membutuhkan layanan Spesialis,” himbau dr Sugianto diakhir ucapannya.

Diketahui, dari informasi yang diterima awak media, adapun surat yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota Binjai tersebut mulai berlaku pada 01 Januari 2023, dan ditujukan kepada Kepala Puskesmas Tanah Tinggi, Kepala Puskesmas HAH Hasan, Kepala Puskesmas Kebun Lada, serta seluruh Dokter Spesialis di layanan Spesialis Puskesmas.

“Sehubungan dengan keterbatasan dana APBD tahun 2023 di Kota Binjai, dengan ini kami sampaikan bahwa pelayanan dokter spesialis yang di Puskesmas Tanah Tinggi, Puskesmas HAH Hasan, dan Puskesmas Kebun Lada, ditiadakan terhitung mulai 01 Januari 2023,” demikian isi surat tersebut.*

Penulis: Syahzara Solihin