Beranda News Pasang Telinga Walikota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba -2022

Walikota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba -2022

227
0
Walikota Tanjungbalai bersama Kapolres Tanjungbalai usai pimpin apel. (f: Kominfo)

TANJUNGBALAI, Metro24jam.news – Apel Gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba 2022 dipimpin Walikota Tanjungbalai H Waris Tholib digelar di halaman Mako Polres Tanjungbalai, Kamis (22/12/2022).

Apel yang digelar dalam rangka pengamanan libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Polres Tanjungbalai.

Walikota Waris membacakan amanat Pidato Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menyampaikan, Diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.

Dikatakan, Operasi selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 s.d 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari sampai dengan 9 Januari 2023.

Pengamanan Nataru, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai. Kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau, serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan.

Ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan yang serius.
Melakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah yang berpotensi menjadi target serangan teror, ucap Waris.

Ancaman bencana alam, Mempersiapkan tim tanggap bencana, tim rehabilitasi dan sarana prasarana pendukung.Pengendalian ketahanan pangan dan BBM. Lakukan monitoring di lapangan bersama Satgas Pangan dan stakeholder terkait guna memastikan ketersediaan pasokan pangan,diImbau para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan atau menahan stok yang tentunya dapat menyebabkan kelangkaan, maupun kenaikan harga, tambahnya.

Khusus pengamanan ibadah Natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, K-9 dan Densus 88/ AT. Selain itu, libatkan juga elemen masyarakat termasuk Ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama, tuturnya.

Pada pengamanan perayaan malam tahun baru, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assesmen bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait, terutama kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar, pungkas Waris.

Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba – 2022 wilayah Polres Tanjungbalai diikuti Kapolres AKBP Ahmad Yusuf Afandi, Plt Kadis Perhubungan Elvandia, Plt Kasatpol PP Pahala Zulfikar, Kalapas Klas IIB Tanjung Balai Asahan Sangapta Surbakti, Ketua MUI H Hajarul Aswadi, Ketua FKUB H Haidir Siregar dan Ketua PGI Pendeta dan Abdi Masa Perangin-angin.*

Penulis: Rimanto
Editor : Rimanto