Beranda Ekonomi Galeri Penenun Uis Karo Tradisional “Karya Bunda” Diresmikan di HUT BRI ke-127...

Galeri Penenun Uis Karo Tradisional “Karya Bunda” Diresmikan di HUT BRI ke-127 Tahun

521
0
Galeri penenun uis karo tradisional diresmikan di HUT BRI ke-127 Tahun. (f: ist)

BINJAI, Metro24jam.news – Di hari jadinya yang ke-127, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Binjai, meresmikan sebuah Galeri Uis Karo yang diperuntukkan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan kluster usaha binaan dari BRI Unit Soekarno-Hatta, Kantor Cabang (Kanca) BRI Binjai, Jumat (16/12).

Adalah, Galeri milik penenun Uis Karo Tradisional “Karya Bunda” yang beralamat di Jalan Kutilang, Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur, yang diresmikan di Hari Ulang Tahun (HUT) BRI ke-127 ini. Berdiri pada tahun 2020, para penenun tradisional ini akhirnya menjadi Kluster BRI Cabang Binjai, Unit Soekarno – Hatta, sejak awal 2021 lalu.

Pantauan awak media, Peresmian Galeri Uis Karo “Karya Bunda” binaan BRI Unit Soekarno – Hatta/Kanca BRI Binjai tersebut tampak dihadiri oleh Pimpinan Cabang BRI Cabang Binjai Agung Prasetyo, Pimpinan Unit BRI Soekarno – Hatta Mahfudi, serta seluruh Kepala Unit BRI Cabang Binjai lainnya, dan seluruh Staffnya.

Beberapa Forkopimda Binjai pun tampak hadir dalam peresmian tersebut, diantaranya Walikota Binjai Drs H. Amir Hamzah MAP, Kajari Binjai Husein Admaja, Kapolres Binjai diwakili Wakapolres Kompol Agung Basuni, Dandim 0203/LKT diwakili Danramil 01 Kapten Inf. Kasta Ginting.

Kadis Pariwisata Ismail Ginting, Staff Ahli Walikota dr Heri Hendri, Camat Binjai Timur Ariyandi Ayun, Lurah Mencirim Arvintona Dinata, serta seluruh pengurus dan anggota yang tergabung dalam penenun Tradisional Uis Karo Karya Bunda, juga tampak hadir dalam peresmian Galeri itu.

Pimpinan BRI Cabang Binjai Agung Prasetyo, dalam sambutannya mengatakan, para penenun Uis Karo Tradisional Karya Bunda merupakan Kluster binaan BRI Unit Soekarno – Hatta, Kantor Cabang BRI Binjai.

“Di hari jadi ke-127 ini, Alhamdulillah kami dari BRI Cabang Binjai, meresmikan Galeri Uis Karo Karya Bunda, yang merupakan salah satu kluster binaan kami,” ungkap Agung.

Peresmian Galeri ini, lanjut Agung, merupakan bukti nyata dukungan BRI Binjai terhadap penyerapan tenaga kerja melalui pemberdayaan UMKM, khususnya segmen mikro. Sebab menurutnya, penyerapan tenaga kerja di Indonesia ditopang oleh UMKM.

“Upaya utama BRI adalah pemberdayaan, supaya UMKM bisa memiliki akses pasar lebih banyak. Peresmian ini juga sebagai wujud peran para Mantri BRI dalam rangka membantu UMKM, melalui media pemasaran agar lebih dikenal oleh masyarakat, terlebih pasca Pandemi Covid,” tuturnya.

Program BRI yang salah satunya mendukung pelaku usaha, ungkap Agung, adalah menciptakan kluster UMKM untuk fokus bergerak bersama pada bidang usahanya.

“Hari ini kami memberikan support kepada pelaku usaha yang tergabung dalam Karya Bunda. Semoga kedepannya terus maju,” harap Agung, sembari meminta agar Galeri tersebut dapat dirawat dengan baik.

Sementara itu, Walikota Binjai Drs Amir Hamzah, dalam sambutannya sangat meapresiasi program BRI yang banyak membantu para pelaku usaha UMKM.

“Saya atasnama Pemerintah Kota Binjai, tentunya berterima kasih kepada BRI, yang selama ini banyak membantu para pelaku usaha melalui program programnya sehingga dapat menyokong perekonomian masyarakat,” ujar Amir Hamzah.

Sebagai Walikota Binjai, Amir Hamzah juga mengaku bangga terhadap Pimpinan BRI Cabang Binjai Agung Prasetyo, yang mempunyai banyak inovasi, dan ikut bersinergi dalam menggerakkan roda ekonomi di Kota Binjai.

“BRI The Best dan sangat luar biasa. Kedepan, kita akan terus bersinergi. Sebab ada sekitar 20 ribu pelaku UMKM di Kota Binjai ini,” kata Amir Hamzah diakhir ucapannya, seraya mengucapkan selamat HUT BRI ke-127.

Ucapan terima kasih pun disampaikan oleh para penenun tradisional Uis Karo Karya Bunda. Melalui Ketuanya yang bernama Ade Fitri, ia berharap dengan adanya Galeri tersebut bisa menjadi penyemangat bagi seluruh pengurus dan anggotanya.

Tidak hanya Uis Karo, Karya Bunda juga sudah menciptakan produk turunan dari produk mereka, seperti membuat tas, baju, dompet serta produk turunan lainnya tanpa meninggalkan produk aslinya.

“Semoga ini menjadi penyemangat bagi kami semua agar dapat terus maju dan berkembang,” harap Ade Fitri, yang disambut tepuk tangan oleh seluruh hadirin.

Pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya Galeri Uis Karo milik Karya Bunda yang dilakukan oleh Pimpinan BRI Cabang Binjai beserta Forkopimda Binjai, juga menjadi bagian dalam kegiatan itu.

Tidak hanya itu, kegiatan yang berlangsung sederhana tersebut juga diisi dengan pemotongan nasi tumpeng serta pemberian cenderamata dari BRI Cabang Binjai kepada para tamu undangan.

“Selamat Ulang Tahun Bank Rakyat Indonesia yang Ke-127,” ucap mereka secara beramai ramai diakhir acara.*
Penulis, Syahzara Solihin
Editor, Syahzara Solihin