Beranda Ekonomi Disketapang dan Pertanian Pakpak Bharat Bagikan Bibit Bawah Merah

Disketapang dan Pertanian Pakpak Bharat Bagikan Bibit Bawah Merah

253
0
Edi Jonter Pandeangan (Kanan) PPTK pengadaan bibit bawang merah yang juga Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan menyerahkan bantuan pupuk kandang bahan pendukung untuk budidaya bantuan bawang merah. (ist)

PAKPAK BHARAT, Metro24jam.news – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Disketapang Dan Pertanian) Kabupaten Pakpak Bharat telah membagikan bibit bawang merah ke sejumlah kelompok tani (Keltan).

Adapun Kelompok tani penerima bibit bawang merah ini tersebar di 8 (Delapan) Kecamatan di Kabupaten Pakpak Bharat dengan luas lahan kelompok tani seluruhnya sekitar 50 Hektare.

Kepala Disketapang Dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat melalui Edi Jonter Pandeangan PPTK pengadaan bibit bawang merah ini yang juga Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, kepada media ini, Senin (12/12/2022), mengatakan bibit bawang merah yang dibagikan kepada kelompok tani pada bulan November 2022 yang lalu, yaitu Varietas Bima Tajuk.

Dikatakannya, pengadaan bibit bawang merah ini sebelumnya dilaksanakan melalui E-Katalog, dengan nilai kontrak Rp. 2.250.000.000,00, sumber dana DAU dan pelaksana CV Sudah Ada.

Kata Edi Jonter, atas pembagian bibit bawang merah ini kepada kelompok tani, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan bawang merah di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Selama ini kita impor (Bawang Merah) dari luar, diharapkan pemberian bibit ke kelompok tani ini, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan bawang merah di Pakpak Bharat nantinya,” harapnya.

Selain itu, ia juga menganjurkan kepada kelompok tani penerima bibit bawang merah ini, bisa menyediakan bibit untuk musim tanam mereka selanjutnya dari bibit yang sudah dibudidayakan tersebut.

“Kita anjurkan mereka untuk menyediakan bibit mereka untuk musim tanam berikutnya dari hasil tanaman bawang merah yang dibudidayakan sekarang dengan menambah umur panen 10-15 hari,” pesannya.

Menurut Edi Jonter, ada beberapa kelompok tani yang sudah menanam bibit bantuan yang diserahkan Disketapang dan Pertanian sebelumnya, sudah melakukan pemanenan.

Adapun kelompok tani yang sudah panen tersebut katanya, diantaranya kelompok tani Saut Karina, Asa Kasea, Njuah-njuah dan Mborgang. “Hasilnya panen bawang merahnya lumayan memuaskan,” pungkas Edi Jonter.*

Penulis Lastro Banurea
Editor Lastro Manurea