Pasang Telinga

Al Washliyah Binjai Rayakan Hari Jadi ke-92

BINJAI, Metro24jam.news – Sebagai Organisasi Islam, Al Jam’iyatul Washliyah atau lebih dikenal dengan Al Washliyah, menyambut hari jadinya yang ke-92 pada hari ini, Rabu (30/11).

Di Kota Binjai, hari jadi Al Washliyah digelar hari ini di halaman Sekolah/kampus hijau Al Washliyah, yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Lingkungan l Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, serta dikuti oleh seluruh Pengurus Daerah (PD) organisasi Islam ini.

Selain pengurus Al Washliyah Binjai, kegiatan yang mengusung tema “Menjaga Persatuan Merawat Moral Bangsa” tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda, Forkopimcam, unsur SKPD, Kader Al Washliyah dan ratusan masyarakat Kota Binjai.

Ketua PD Al- Wasliyah Kota Binjai Drs Aminuddin S. Pdi, dalam sambutannya mengatakan bahwa Al Jam’iyatul Washliyah mempunyai arti perkumpulan yang merekatkan.

“Alhamdulillah, tepat hari ini organisasi Islam Al Washliyah genap berusia 92 tahun. Dengan usia yang terbilang cukup matang, Al Washliyah tentunya terus berbenah agar menjadi lebih baik kedepannya,” ungkap Aminuddin, seraya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Al Washliyah Kota Binjai, Sairul S. Pdi, saat dikonfirmasi awak media menjelaskan, beberapa kegiatan sudah dilakukan pihaknya jelang HUT Al Washliyah ke-92 ini.

“Benar, beberapa kegiatan seperti Dzikir dan Doa bersama, sudah kita gelar sebelumnya dalam rangka menyambut HUT Al Washliyah tahun ini,” tutur Sairul.

Sebagai Sekretaris Al Washliyah Kota Binjai, pria berpostur kecil yang akrab dengan awak media ini juga menjelaskan bahwa slogan atau motto Al Jam’iyatul Washliyah, yaitu “Hiduplah Al – Washliyah Zaman Berzaman” mengisyaratkan bagi kader Al – Washliyah bahwa perjuangan tidak boleh berhenti.

Ditempat yang sama, Walikota Binjai Drs H. Amir Hamzah dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Organisasi Islam Al Jam’iyatul Washliyah yang sudah berusia 99 tahun pada tahun 2022 ini.

“Di hari jadi Al- Wasliyah yang ke – 92 ini, mari kita saling memperkuat tali silaturahmi kita kepada sesama organisasi Islam dan Pemerintah agar terus tercipta hubungan harmonis dan saling menjaga antar Kerukunan umat serta menjaga stabilitas keamanan di negara kita, terutama Kota Binjai,” ujar Walikota Binjai dalam sambutannya.

“Dirgahayu Al Jam’iyatul Washliyah ke-92,” demikian tutur Walikota Binjai diakhir ucapannya.

Dalam acara ini, seni musik Qasidah dari organisasi Islam Al- Wasliyah Kota Binjai juga ikut ditampilkan dihadapan para hadirin dan tamu undangan lainnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Walikota Binjai Drs Amir Hamzah MAP beserta unsur OPD, Dandim 0203/LKT Letkol Inf. M Eko Prasetyo, Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, Pengurus Al Washliyah Sumut, Kakan Kemenag Kota Binjai Drs H Saparuddin MA, perwakilan Kajari Kota Binjai, Camat Binjai Utara Hilman Anggana Lukha,. S.stp. MAP, Danramil 016 BU Kapten Inf. Slamet Jaya, Kapolsek Binjai Utara Kompol Azhari, Lurah Kebun Lada Nuraziani, para Kepling serta seluruh kader Al- Wasliyah Kota Binjai.

Dikutip dari beberapa sumber, Al Jam’iyatul Washliyah atau lebih dikenal dengan Al Washliyah, merupakan organisasi Islam yang didirikan di kota Medan, Sumatra Utara, pada tanggal 30 November 1930. Hari itu sangat bertepatan dengan 9 Rajab 1349 H.

Sejarah Berdirinya Al Washliyah ini didirikan pada masa penjajahan Hindia Belanda, dimana para pendiri organisasi Al Washliyah juga ikut berpartisipasi dalam melawan para penjajah. Banyak tokoh tokoh besar Al Washliyah ditangkap oleh Belanda dan dijebloskan ke penjara hingga menjadi shahid.

Selain itu, Al Washliyah juga mengembangkan usaha dan kegiatan untuk mewujudkan tujuannya. Setidaknya ada lima macam usaha dan kegiatan yang dijalankan oleh organisasi ini yang merupakan Panca Amal Al Washliyah, yaitu: Pendidikan dan kebudayaan, Dakwah dan kaderisasi, Amar makruf nahi munkar, Panti asuhan dan fakir miskin, Ekonomi dan kesejahteraan umat.***

Penulis: Syahzara Solihin
Editor : Syahzara Solihin

Related Articles

Back to top button