Beranda Peristiwa Sijago Merah Menghanguskan 5 Unit Rumah di Desa Banua Tonga Palas

Sijago Merah Menghanguskan 5 Unit Rumah di Desa Banua Tonga Palas

329
0
Foto: Lima unit rumah milik warga di Desa Banua Tonga,Kecamatan Sosopan Hangus Terbakar, diduga asal api dari kompor gas. (ist)

Metro24jam.news, PALAS – Sebanyak 5 unit rumah hangus dilahap sijago merah, di Desa Banua Tonga, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas.

Peristiwa kebakaran terjadi sekira pukul 12.00 WIB, Sabtu (26/12/2022). Penyebab kebakaran diduga berasal dari api kompor gas yang masih menyala saat ditinggal pemilik rumah Helmi Siregar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSi melalui Kasat Reskrim, AKP Aman Putra B.SH mengatakan, kebakaran berawal dari api kompor gas yang berada didapur rumah milik Helmi Siregar.

Dikatakan, salah seorang saksi mata, Putri Labolo dan Girno Harahap melihat gumpalam asap keluar dari dapur rumah Helmi Siregar,lalu meminta pertolongan warga sekitar karena kobaran api sudah mulai membesar.

“Dimana kobaran api sudah terlihat membesar dari arah dapur rumah Helmi, warga berhamburan kelokasi untuk berupaya memadam api,” terang Aman.

Karena jumlah warga yang berupaya memadam api sangat sedikit ditambah kondisi angin cukup kencang sehingga kobaran api menjalar dan menyambar ke rumah warga lainnya yang berdekatan dengan rumah milik Helmi Siregar.

“Api dengan cepat menyambar rumah Nurmasiyah Nasution dan Aswan Siregar yang berada disampingnya dan berlanjut menjalar kerumah Syawal dan Imam,” ungkap Kasat Reskrim Polres Palas.

Lanjut Aman, sekira pukul 12.20 WIB,personil Koramil 07 Sosopan bersama personil Polsek Sosopan serta masyarakat yang baru pulang dari aktivitas dikebun langsung berhamburan memberikan bantuan pertolongan untuk memadam kobaran api yang membakar lima rumah warga tersebut.

Kata Aman, kobaran api baru dapat dijinakan sekitar pukul 15.00 WIB dengan bantuan masyarakat mengunakan alat seadanya sebagai tindakan upaya untuk memadamkan api yang menjilat lima rumah warga tersebut.

“Sebagaian warga ikut membantu menyelamatkan barang – barang rumah tangga dan surat berharga yang ada didalam lima rumah yang terbakar tersebut,” tambahnya.

Ke lima rumah warga yang hangus terbakar di Desa Banua Tonga, Kecamatan Sosopan milik Helmi Siregar (34) diperkirakan mengalami kerugian Rp 70 juta, Nurmasiyah Nasution (80) diperkirakan mengalami kerugian Rp 80 juta, Aswan Siregar (40) diperkirakan mengalami kerugian Rp 70 juta, Syawal Siregar (57) diperkirakan mengalami kerugian Rp 150 juta dan Imam Harahap (65) diperkirakan mengalami kerugian Rp 30 juta.

“Dalam peristiwa kebakaran itu,tidak ada korban jiwa hanya saja sebagaian harta benda dan bangunan rumah hangus terbakar,” pungkasnya. (Harry)